Sukses


Race Director MotoGP: Rossi cs Bisa Tolak Balapan Basah di Losail

Bola.com, Jakarta - Race director MotoGP, Mike Webb, mengatakan seri pembuka musim 2017 di Sirkuit Losail, Qatar, 26 Maret, belum tentu tetap digelar jika hujan. Menurut Webb, keputusan akhir ada di tangan para pebalap.

"Keputusan menggelar balapan basah di Losail belum final. Namun, kami telah mengatakan kepada semua tim dan pebalap untuk bersiap menguji trek yang basah sehingga mereka bisa menginformasikan kepada kami seperti apa kondisinya, apakah memungkinkan jika lomba tetap digelar atau kami harus mengambil keputusan lain," kata Webb seperti dikutip dari MCN, Senin (20/3/2017).

Hujan pernah mengganggu balapan MotoGP Qatar pada 2009. Cuaca buruk membuat balapan ditunda selama sehari, dari seharusnya Minggu jadi Senin terkait faktor keselamatan. Refleksi cahaya lampu penerangan sirkuit di trek yang basah dikhawatirkan mengganggu penglihatan pebalap.

"Sejak pertama kali memutuskan menggelar balapan malam di Losail, kekhawatiran utama kami adalah cahaya lampu saat hujan. Pada 2009, kami terpaksa membatalkan lomba setelah beberapa pebalap kelas 125cc mengatakan penglihatan mereka terganggu," ujar Webb.

Pengelola MotoGP mencoba mendobrak tradisi pada 2017. Mereka berencana tetap menggelar balapan basah di Losail meski kondisi cuaca kurang baik dan meminta pemasok ban tunggal Michelin membawa ban basah ke Qatar.

Safety officers MotoGP, Loris Capirossi dan Franco Uncini, yang telah melakukan tes di trek basah Losail mengklaim balapan basah masih mungkin digelar. Namun, beberapa pebalap keberatan. Sebagian merasa balapan basah di Losail berbahaya. Sisanya lagi kecewa karena mereka tak dilibatkan dalam tes.

Hujan deras mengganggu jalannya tes Moto2 dan Moto3 di Losail pada akhir pekan lalu. Berdasarkan ramalan cuaca, hujan diprediksi kembali turun saat lomba MotoGP Qatar pada akhir pekan ini. Webb menegaskan otoritas MotoGP tak akan memaksakan menggelar balapan basah jika kondisinya benar-benar tidak memungkinkan.

"Setelah Franco dan Loris melakukan tes dan merasa balapan basah memungkinkan, mereka melaporkannya kepada beberapa pebalap MotoGP tentang apa yang mereka rasakan di trek. Semua pebalap mengatakan ingin mengujinya sendiri. Saya bisa pastikan kami tak akan menggelar balapan basah hingga semua pebalap menguji trek dan setuju balapan tetap digelar," kata Webb.

Namun, balapan basah di Losail, Qatar, hanya untuk kelas MotoGP. Balapan Moto2 dan Moto3 tak akan digelar karena pemasok ban kedua kelas tersebut, Dunlop, tak membawa ban basah ke Qatar.

Video Populer

Foto Populer