Sukses


Start Balapan MotoGP Qatar Berpeluang Digeser Jadi Siang Hari

Bola.com, Losail - Balapan MotoGP Qatar 2017, Minggu (26/3/2017), berpeluang dimajukan dari malam menjadi siang hari. Perubahan waktu start lomba di Sirkuit Losail tergantung kondisi cuaca.

Sejauh ini, tiga sesi latihan bebas yang sudah digelar pada Kamis (23/3/2017) dan Jumat (24/3/2017) berlangsung dalam kondisi kering. Namun, hujan deras mengguyur Losail selepas sesi latihan bebas ketiga (FP3), Jumat (24/3/2017).

Ramalan cuaca menyebutkan hujan berpotensi turun lagi pada sesi kualifikasi, Sabtu (25/3/2017), dan saat lomba, Minggu (26/3/2017).

Mengantisipasi kondisi cuaca yang kurang ideal, para pebalap membahas opsi yang bisa diambil jika hari perlombaan diganggu hujan dalam rapat Komisi Keselamatan, Jumat (24/3/2017). Menurut situs Motorsport, salah satu opsi yang dibahas adalah memajukan jadwal lomba.

Namun, keputusan memajukan jadwal lomba baru akan diambil pada menit-menit terakhir, tergantung cuaca pada sesi latihan bebas keempat (FP4).

Apabila hujan mengguyur Losail saat FP4, para pebalap akan melakukan pertemuan setelah sesi latihan berakhir. Jika pebalap sepakat trek basah tak aman digunakan buat lomba terkait visibilitas, maka balapan bakal digelar pada siang hari.

Pada 2004-2007, balapan MotoGP Qatar digelar siang hari. Sirkuit Losail baru menggelar balapan malam pada 2008.

Balapan MotoGP Qatar pada 2009 sempat ditunda sehari karena cuaca buruk. Namun, otoritas MotoGP pada tahun ini berencana tetap menggelar balapan di Losail saat hujan.

Dua anggota race direction, Loris Capirossi dan Franco Uncini, telah melakukan simulasi balapan basah di Sirkuit Losail pada Februari. Capirossi dan Uncini mengklaim MotoGP Qatar bisa tetap digelar saat hujan karena mereka tak mengalami masalah penglihatan dalam tes. Namun, mayoritas pebalap masih kurang yakin karena merasa refleksi cahaya lampu penerangan sirkuit di trek yang basah bisa menyilaukan mata dan membahayakan keselamatan.

Video Populer

Foto Populer