Sukses


Kualifikasi MotoGP Qatar Dibatalkan, Perasaan Rossi Campur Aduk

Bola.com, Doha - Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menanggapi pembatalan sesi kualifikasi MotoGP Qatar di Sirkuit Losail, Sabtu (25/3/2017) malam, dengan perasaan campur aduk. 

Pada satu sisi, Rossi sepenuhnya mendukung keputusan tersebut demi keselamatan para pebalap. Namun, di sisi lain The Doctor merupakan salah satu pebalap yang dirugikan dengan pembatalan kualifikasi tersebut. 

Gara-gara tak ada sesi kualifikasi, Valentino Rossi terpaksa bakal start dari posisi ke-10 pada balapan MotoGP Qatar, Minggu (26/3/2017). Setelah pembatalan kualifikasi, penentuan grid dilakukan beradar hasil kombinasi tiga sesi latihan bebas pada Kamis (23/3/2017) dan Jumat (24/3/2017). Rossi yang tampil kurang maksimal sepanjang latihan bebas, hanya menempati grid tengah. 

"Bagi saya secara pribadi, ini (pembatalan kualifikasi) buruk. Saya harus start di belakang. Tapi ini pilihan yang tepat. Tak mungkin kami berlatih hari ini," kata Valentino Rossi, seperti dilansir situs MotoGP. 

Sesi kualifikasi MotoGP Qatar yang seharusnya berlangsung di Sirkuit Losail, pada Sabtu (25/3/2017) malam, dibatalkan akibat cuaca buruk. Hujan disertai badai terus mengguyur di kawasan Sirkuit Losail.  

Cuaca di seputaran Sirkuit Losail sebenarnya sempat membaik dan hujan berhenti beberapa jam sebelum latihan bebas keempat. Namun, trek tak kunjung mengering.

Kondisi trek yang basah dianggap kurang aman bagi pebalap. Para rider bakal kesulitan memacu kendaraan dengan maksimal di trek basah di bawah sinar lampu. Otoritas MotoGP awalnya sempat menjadwalkan sesi latihan bebas tambahan selama 20 menit untuk mengevaluasi kondisi lintasan. Namun, sesi tersebut ditunda dan kemudian dibatalkan.

"Kondisi trek ada yang basah sebagian, ada yang benar-benar basah. Anda tak bakal tahu ban yang bisa dipakai dan kondisi itu sangat berbahaya. Ini (pembatalan kualifikasi) satu-satu keputusan yang bisa diambil," tegas Valentino Rossi. 

Perjuangan Rossi pada balapan MotoGP Qatar dipastikan bakal berat karena start dari posisi belakang. Apalagi, The Doctor terlihat masih bermasalah dengan setelan motornya sehingga terpuruk pada sesi latihan bebas. 

Valentino Rossi hanya menempati posisi kesembilan pada latihan bebas pertama (FP2) MotoGP Qatar, kemudian berada di urutan keenam pada FP2. Pada FP3, Rossi semakin terpuruk karena hanya menempati posisi ke-13.

 

Video Populer

Foto Populer