Sukses


Meksiko Berminat Gelar Balapan MotoGP

Bola.com, London - Meksiko dikabarkan berminat menggelar balapan MotoGP. Saat ini, Meksiko sudah menjadi tuan rumah F1 yang mengambil tempat di Autodromo Hermanos Rodriguez.

Situs Motorsport pada Selasa (25/4/2017) melaporkan pengelola Autodromo Hermanos Rodriguez, CIE Group, sedang mempertimbangkan menggelar balapan roda dua untuk pertama kali di Meksiko. Ajang balap yang mereka bidik adalah MotoGP dan Superbike.

Untuk menggelar balapan MotoGP, Autodromo Hermanos Rodriguez harus mendapat akreditasi Grade A dari FIM, sedangkan buat Superbike hanya perlu Grade B. Ketimbang cuma mencari Grade B, CIE Group ternyata memilih langsung mencari Grade A.

Anggota Komisi Keselamatan FIM Franco Uncini sudah mengunjungi Autodromo Hermanos Rodriguez pada Senin (24/4/2017) setelah balapan MotoGP Austin di Texas, AS, Minggu (23/4/2017). Uncini datang untuk menilai kelayakan sirkuit, terutama terkait aspek keselamatan.

Salah satu syarat utama yang mesti dimiliki sebuah sirkuit untuk memperoleh akreditasi Grade A adalah memenuhi standar keselamatan yang telah ditetapkan FIM.

CIE Group siap melakukan renovasi sirkuit untuk memenuhi persyaratan itu. Namun, mereka akan menghadapi tantangan birokrasi.

Autodromo Hermanos Rodriguez terletak di tengah kota Mexico City. Artinya, segala pembangunan di wilayah tersebut, termasuk renovasi sirkuit, harus mendapatkan izin dari pemerintah setempat.

Meksiko pertama kali menggelar balapan F1 pada 1963 tapi belum pernah menjadi tuan rumah kejuaraan dunia balap motor grand prix. Autodromo Hermanos Rodriguez masuk kalender F1 sejak 2015 setelah sempat vakum selama 22 tahun. Meksiko saat ini juga menjadi tuan rumah ajang balap mobil ketahanan (WEC) dan Formula E.

Meksiko bukan satu-satunya negara yang membidik satu slot di kalender MotoGP. Mereka bersaing dengan beberapa negara lain seperti Thailand, Finlandia, Kazakstan, dan juga Indonesia.

Bos Dorna selaku promotor MotoGP, Carmelo Ezpeleta, menegaskan MotoGP tak akan menggelar lebih dari 20 balapan dalam semusim. MotoGP 2017 menggelar 18 seri dan Thailand diklaim bakal masuk kalender mulai 2018. Dengan demikian, slot kosong tinggal tersisa satu kecuali ada balapan saat ini yang dicoret.

Video Populer

Foto Populer