Sukses

MotoGP Prancis: Vinales dan Rossi Rebut Posisi Start 1-2

Bola.com, Le Mans - Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, merebut pole position MotoGP Prancis setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi yang berlangsung di Sirkuit Le Mans, Sabtu (20/5/2017). Dia mengungguli rekan timnya, Valentino Rossi.

Vinales mencatatkan waktu lap tercepat 1 menit 31,994 detik, unggul 0,106 detik atas The Doctor. Hasil ini cukup mengejutkan mengingat kedua pebalap Yamaha itu kerap terpuruk pada sesi latihan bebas.

Pencapaian luar biasa juga diraih pebalap tuan rumah, Johann Zarco. Mengawali perjuangan dari kualifikasi pertama, pebalap Monster Yamaha Tech 3 tersebut akhirnya menyelesaikan sesi ini di posisi ketiga. Dia terpaut 0,235 detik dari Vinales.

Posisi keempat dan kelima ditempati pebalap Honda. Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, menempati posisi keempat. Sementara posisi kelima diisi pebalap Repsol Honda, Marc Marquez.

Persaingan sengit sudah terjadi pada kualifikasi pertama. Ini tak lepas dari kehadiran sejumlah pebalap top, seperti Jorge Lorenzo, Dani Pedrosa, Andrea Iannone, Andrea Dovizioso, dan Zarco.

Kelima pebalap ini terpaksa mengikuti kualifikasi pertama karena tampil buruk pada tiga sesi latihan bebas MotoGP Prancis yang sudah dihelat sejak Jumat (19/5/2017).

Saat kualifikasi pertama berjalan lima menit, Lorenzo menjadi pebalap tercepat dengan torehan waktu lap 1 menit 33,542 detik. Namun, itu tak bertahan lama karena sejumlah pebalap lainnya juga mempertajam catatan waktunya.

Ketika kualifikasi pertama menyisakan waktu kurang dari lima menit, giliran Zarco yang mencatatkan waktu lap tercepat. Dia menorehkan waktu 1 menit 32,509 detik, unggul 0,220 detik atas Dovizioso.

Posisi Zarco kemudian direbut Pedrosa. Pebalap Repsol Honda itu mencatat waktu lap tercepat 1 menit 32,415 detik, lebih cepat 0,063 detik dari Zarco.

Saat bendera tanda kualifikasi pertama dikibarkan, para pebalap langsung menggeber motor mereka lebih cepat. Dovizioso akhirnya lolos ke kualifikasi kedua setelah menjadi yang tercepat dengan 1 menit 32,298 detik.

Zarco menjadi pebalap yang menemani Dovizioso. Dia menempati posisi kedua dengan terpaut 0,069 detik dari Dovi.


Pada awal kualifikasi kedua, Pol Espagaro membuat kejutan. Pebalap KTM itu menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 34,079 detik. Namun, tak lama berselang giliran Vinales yang menjadi pebalap tercepat dengan catatan waktu lap 1 menit 33,134 detik.

Memasuki menit ke-10, sejumlah pebalap memilih masuk ke dalam pit. Saat itu, posisi pebalap tercepat dipegang Cal Crutchlow yang menorehkan waktu 1 menit 32,414 detik. Diikuti Rossi yang terpaut 0,226 detik dari pebalap LCR Honda tersebut.

Saat kualifikasi kedua tersisa kurang dari dua menit, Vinales mampu mematahkan waktu lap terbaik Crutchlow. Dia menorehkan waktu lap 1 menit 32,146 detik. Rossi tetap menguntit di posisi kedua dengan selisih 0,077 detik dari Vinales.

Vinales kemudian mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 31,994 detik. Rossi juga melakukan hal yang sama, namun dia masih terpaut 0,106 detik dari Vinales. Pebalap Spanyol itu pun merebut pole position MotoGP Prancis.

Hasil lengkap sesi kualifikasi MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, Sabtu (20/5/2017). (Twitter/Yamaha MotoGP)

1 Komentar

  • Markhan Mark

    Maverik vinales vs valentino rossi ,rossi Pasti menang!! Go.. Rossi buktikan dirimu pembalp sejati. Tancap gas.. Go.. Go.. Go.., jangan bikin kecewa lagi.

Video Populer

Foto Populer