Sukses


Rahasia di Balik Nomor 69 Milik Nicky Hayden

Bola.com, Cesena - Setiap pebalap MotoGP selalu memiliki nomor keramat yang tersemat di bagian depan bodi motornya. Tak terkecuali dengan Nicky Hayden yang memilih nomor 69 sebagai penanda motornya semasa balapan.

Pemilihan nomor 69 ternyata memiliki makna mendalam bagi seorang Nicky Hayden. Nomor tersebut sama dengan yang digunakan sang ayah, Earl Hayden, ketika turun di lintasan balap. Ya, sang ayah juga seorang mantan pebalap.

Earl punya alasan khusus menggunakan nomor 69 semasa aktif di lintasan. Dia mengatakan memilih nomor itu agar masih bisa melihat dengan jelas motornya ketika terjatuh.

"Ketika masih aktif balapan, saya sering terjatuh. Jadi, saya membutuhkan nomor yang bisa dibaca baik dari sisi atas dan juga bawah," kata Earl Hayden seperti dikutip BBC Sport, Selasa (23/5/2017).

Alasan tersebut ternyata diteruskan Nicky Hayden ketika balapan di MotoGP. Dengan menggunakan nomor keramat 69, Nicky berhasil gelar juara pada musim 2006.

Namun, Nicky sempat menanggalkan nomor tersebut di musim setelah meraih gelar juara. Pada musim 2007, pria asal Kentucky, Amerika Serikat, menggunakan nomor 1. Namun, itu hanya berlangsung semusim dan Hayden kembali menggunakan nomor 69 pada musim 2008.

Kini, pemilik nomor 69 itu telah tiada. Pria dengan nama lengkap Nicholas Patrick Hayden menghembuskan nafas terakhir pada Senin, (22/5/2017), di Rumah Sakit Maurizio Bufalini, Cesena, Italia.

Nicky Hayden meninggal pada usia 35 tahun setelah koma selama lima hari pasca-kecelakaan hebat di Rimini. Kepergian pebalap berjuluk Kentucky Kid itu tak hanya meninggalkan duka mendalam di MotoGP, melainkan di seluruh dunia.

Video Populer

Foto Populer