Sukses


2 Faktor yang Buat Rossi dan Yamaha Tercecer di MotoGP Catalunya

Bola.com, Catalunya - Pebalap Movistar Yamah, Valentino Rossi, tertatih-tatih pada latihan bebas pertama hingga ketiga MotoGP Catalunya 2017, Jumat-Sabtu (9-10/6/2017). Menurut The Doctor ada dua faktor yang membuat dirinya sekaligus Yamaha kesulitan di Sirkuit Catalunya, salah satunya kondisi aspal. 

Pada latihan bebas pertama MotoGP Catalunya, Rossi menempati posisi ke-17. Catatan waktunya terpaut 2,988 detik dari Marc Marquez, pembalap Repsol Honda yang menempati posisi teratas.

Pada latihan bebas kedua, catatan waktunya sedikit membaik. Peningkatan itu membantu The Doctor naik ke posisi kesembilan. Kini jarak dengan Marquez yang kembali menjadi pembalap tercepat hanya terpaut 0,640 detik.

Adapun pada FP3, Rossi lagi-lagi terpuruk di posisi ke-15, kali ini terpaut 0,875 detik dari Marquez yang mencatat waktu lap tercepat. 

"Bagi saya, aspal di lintasan ini adalah salah satu yang terburuk, apalagi jika suhunya meningkat, sangat sulit. Saya ingin datang ke sini untuk balapan, ini adalah salah satu trek favorit saya, tapi saya pikir mereka harus memberi lintasan aspal baru," kata Rossi, dilansir Crash

Faktor lain yang ikut mempengaruhi catatan buruk pada dua sesi pertama latihan bebas MotoGP Catalunya adalah akibat keputusan Yamaha absen dari tes pribadi yang dilakukan pada Mei 2017. Akibatnya, tak hanya Rossi yang punya catatan waktu buruk, tapi juga Maverick Vinales. 

Vinales hanya mengamankan urutan keenam pada latihan bebas pertama dan posisi ke-16 latihan bebas kedua. Adapun pada FP3 menempati posisi ke-13. 

"Bagi kami itu adalah masalah, karena kami tidak datang ke sini dalam tes. Itu berarti kami membutuhkan semua menit sesi latihan karena kami punya banyak pekerjaan yang harus dilakukan. Bagaimana pun kecepatan saya dengan ban balapan di awal sesi tak begitu buruk," ujar Valentino Rossi. (Artikel asli ditulis Ahmad Fawwaz Usman/diedit oleh Harley Ikhsan/Liputan6.com)

 

Video Populer

Foto Populer