Sukses


Apa Penyebab Jorge Lorenzo Terpuruk di MotoGP 2017?

Bola.com, Jakarta - Tujuan Ducati Corse merekrut Jorge Lorenzo adalah agar membuat mereka menjadi pesaing kuat Yamaha dan Honda di MotoGP 2017. Faktanya, kehadiran Lorenzo tak memberikan kontribusi signifikan bagi Ducati.

Hingga paruh musim MotoGP 2017 berakhir, aksi Lorenzo masih tak kunjung memuaskan Ducati. Sudah sembilan balapan dilewati, baru satu podium yang dipersembahkan pembalap berusia 30 tahun itu, yakni pada MotoGP Spanyol 2017.

Padahal, Lorenzo datang ke Ducati dengan status sebagai pengoleksi tiga gelar juara dunia MotoGP bersama Yamaha. Ducati pun berharap Lorenzo bisa menjadi suksesor Casey Stoner yang meraih kesuksesan bersama mereka.

Sayang, di luar podium ketiga MotoGP Spanyol, ia justru tampil mengecewakan. Pembalap asal Spanyol itu sekali gagal finis, tiga kali di luar 10 besar, dan tiga kali di luar lima besar. Itu yang membuat Lorenzo tertahan di urutan sembilan klasemen sementara.

"Ada beberapa kesalahan yang dilakukan Ducati. Salah satunya adalah pemilihan Lorenzo. Itu berdampak buruk pada atmosfer di dalam tim," kata Carlos Pernat, pengamat MotoGP, seperti dilansir Speedweek.

Meski MotoGP 2017 baru berjalan separuh musim, bisa dipastikan akan sulit bagi Jorge Lorenzo menjadi juara dunia. Pasalnya, X-Fuera sudah terpaut 64 poin dari pembalap Repsol Honda, Marc Marquez yang telah dinobatkan sebagai juara paruh musim 2017.

Pernat menilai tetap ada sisi positif dari kehadiran Lorenzo di Ducati pada MotoGP 2017. Menurut Pernat, kedatangan Lorenzo membuat Andrea Dovizioso semakin termotivasi. Buktinya, Dovi kini bersaing ketat dalam perebutan gelar juara musim ini.

Pembalap asal Italia itu duduk di urutan ketiga dengan raihan 123 poin, hanya terpaut enam poin dari Marquez yang memimpin klasemen. Itu berkat kesuksesan Dovi meraih tiga podium di musim ini, dua di antaranya adalah podium juara.

"Kedatangan Lorenzo membuat Dovizioso makin kuat. Sekarang ia memiliki segala yang dibutuhkan untuk memperjuangkan gelar juara dunia," ucap Pernat.

Jorge Lorenzo punya kesempatan untuk memperbaiki penampilan saat ajang MotoGP kembali digelar di MotoGP Ceska (6/8/2017). (Artikel asli ditulis oleh Ahmad Fawwaz Usman/Diedit oleh Harley Ikhsan/Liputan6.com)

 

Video Populer

Foto Populer