Sukses


11 Momen Dramatis Sepanjang MotoGP 2017

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP 2017 telah merampungkan paruh pertama tepatnya sembilan seri. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengukuhkan diri sebagai juara paruh musim, diikuti Maverick Vinales (Movistar Yamaha) di posisi kedua. 

Banyak momen dramatis yang menghiasi persaingan di lintasan pada musim ini, antara lain kejutan dari Vinales, unjuk gigi dua pebalap tim satelit, hingga sejumlah crash yang menimpa para kandidat juara dunia MotoGP 2017. 

MotoGP juga menjadi menarik dengan insiden yang yang terjadi di gravel, helm spesial Valentino Rossi, hingga kabar duka dari luar lintasan.

Berikut ini 11 momen dramatis sepanjang paruh pertama MotoGP 2017, seperti dilansir Crash, Rabu (19/7/2017):  

1. Vinales Unjuk Gigi

Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, merayakan keberhasilannya menjadi yang tercepat pada MotoGP Qatar. Debut pebalap berusia 22 tahun itu bersama Movistar Yamaha berjalan manis dengan menjadi yang tercepat. (AFP/Karim Jaafar)

Setelah mendominasi sesi pramusim, Maverick Vinales langsung mencuri perhatian dengan menjuarai MotoGP Qatar 2017 pada balapan debutnya di tim Movistar Yamaha. Vinales juga seolah menegaskan pantas menjadi salah satu kandidat juara dunia musim ini.

Kecemerlangan Vinales berlanjut dengan menjuarai MotoGP Argentina. Memenangi dua balapan beruntun jelas pencapaian istimewa bagi pebalap yang menjalani balapan debutnya bersama tim baru pada MotoGP 2017.

 

2 dari 11 halaman

2. Zarco Crash saat Memimpin Balapan

Kejutan lain pada MotoGP Qatar adalah aksi pebalap Yamaha Tech 3, Johann Zarco. Pebalap Prancis tersebut sempat melejit memimpin balapan, namun kemudian terjatuh.

Dia melewatkan peluang emas untuk membukukan balapan debut luar biasa di kelas premier. Zarco masih mencatatkan namanya sebagai pencatat waktu lap terbaik pada balapan itu, namun tak mengubah apapun karena dirinya gagal meraup poin.

3 dari 11 halaman

3. Marquez Terjatuh di Argentina

Cerita yang sama, namun dengan pebalap berbeda. Insiden yang dialami Zarco juga menimpa Marc Marquez, namun kali ini terjadi di Argentina.

The Baby Alien mengalami crash pada lap ketiga di tikungan kedua Sirkuit Termas de Rio Hondo. Padahal saat itu pebalap asal Spanyol ini tengah memimpin balapan. Kans menjadi kampiun lepas begitu saja. Kemenangan akhirnya jadi milik Vinales.

4 dari 11 halaman

4. Miller Bertengkar dengan Bautista di Gravel

Pebalap Marc VDS Honda, Jack Miller, mendapat hukuman dari Race Direction berupa denda sebesar 1.000 euro atau sekitar Rp 14 juta karena mendorong pebalap Aspar Ducati, Alvaro Bautista, pada balapan MotoGP Spanyol di Sirkuit Jerez, Minggu (7/5/2017).

Miller dan Bautista bersenggolan di tikungan 1 pada lap keenam hingga keduanya crash out. Tak terima terjatuh, Miller meluapkan kekesalan kepada Bautista di gravel.

Race Direction lalu menginvestigasi insiden tersebut. Setelah meminta keterangan dari kedua pebalap, mereka akhirnya memutuskan menjatuhkan sanksi kepada Miller. Selepas balapan, Miller buka suara. Dia mengaku mendorong Bautista karena frustrasi. Dia merasa akan meraih hasil bagus andai tak terjatuh.

5 dari 11 halaman

5. Miller Selamat dalam Kecelakaan Fatal di Le Mans


Pebalap Marc VDS, Jack Miller, mengalami kecelakaan fatal pada sesi latihan bebas keempat (FP4) MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans. Dari video yang beredar di dunia maya setelah kejadian, sebelum menghantam pembatas sirkuit motor Miller sempat melintasi area rumput.

Pada ujung area rumput, bagian belakang motor Miller terlihat agak terangkat karena melindas gundukan. Laju motor pun jadi melambat sehingga Miller memiliki waktu untuk melompat sebelum motor menghantam pembatas sirkuit.

6 dari 11 halaman

6. Zarco Jadi Bintang di Le Mans

Maverick Vinales memang jadi pemenang balapan MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans. Namun, Johann Zarco lah yang menjadi bintang.

Pebalap tuan rumah tersebut mencuri perhatian dengan merebut podium pertama di ajang MotoGP. Sebagai tambahan drama, Valentino Rossi terjatuh pada balapan ini di lap terakhir saat mengejar rekan setimnya, Vinales.

7 dari 11 halaman

7. Helm Spesial Rossi di Mugello

Valentino Rossi mempertahankan tradisi itu pada MotoGP Italia 2017. Pebalap asal Italia itu memamerkan helm edisi spesial tahun ini jelang sesi latihan bebas ketiga, Sabtu (3/6/2017).

Berdasarkan video di akun Twitter resmi MotoGP, helm spesial Rossi untuk balapan di Mugello pada tahun ini berwarna dominan hijau stabilo. Helm yang didesain oleh Aldo Drudi itu menggabungkan dua tema besar, yaitu sepak bola dan angka 469 sebagai bentuk penghormatan untuk Francesco Totti dan mendiang Nicky Hayden.

8 dari 11 halaman

8. MotoGP Beri Penghormatan untuk Nicky Hayden

Setelah kematian tragis Nicky Hayden mengguncang dunia balap motor, MotoGP memberikan penghormatan khusus. Caranya dengan hening cipta selama 69 detik untuk juara dunia MotoGP 2006 tersebut.

9 dari 11 halaman

9. Dovizioso Berjaya di Mugello

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menikmati kemenangan yang sangat emosional pada balapan MotoGP Italia, di Sirkuit Mugello, Minggu (4/6/2017). Bukan hanya merengkuh kemenangan pertama pada MotoGP 2017, dia juga mencatatkan beberapa fakta menarik dalam karier balapnya.

Kemenangan Dovizioso diraih secara meyakinkan. Setelah menyalip dua rider Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, pebalap Italia tersebut melesat sendirian di depan. Dia tak mampu dikejar oleh rival-rivalnya.

Bagi Dovizioso kemenangan di Mugello ini sangat istimewa. Dia menjadi pebalap pertama asal Italia yang memenangi MotoGP Italia dengan menunggangi motor Ducati.

Pencapaian Dovizioso semakin lengkap setelah mencatat back to back kemenangan dengan kembali juara pada MotoGP Catalunya.

10 dari 11 halaman

10. Rossi Juara di Assen, Vinales Terjatuh Lagi

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, menjuarai MotoGP Belanda di Sirkuit Assen, Minggu (25/6/2017). Rossi mengatakan kemenangan tersebut terasa spesial setelah penantian panjang selama satu tahun lebih.

Kegemilangan Rossi tak diikuti rekan setimnya, Maverick Vinales. Vinales malah terjatuh dan untuk kali kedua gagal finis pada MotoGP 2017.

11 dari 11 halaman

11. Yamaha Tech 3 Kembali Bersinar lewat Folger

Setelah Johann Zarco naik podium di MotoGP Prancis, giliran rekan setimya, Jonas Folger, yang mempersembahkan podium untuk Tech 3.

Jonas Folger, mengaku sulit untuk berkomentar setelah berhasil naik podium pada balapan MotoGP Jerman, Minggu (2/7/2017). Dia mengucapkan rasa terima kasih kepada bos tim satelit pabrikan asal Jepang tersebut, Herve Poncharhal, yang telah mempercayainya untuk naik ke kelas MotoGP.

Folger berhasil finis kedua pada balapan yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring tersebut. Pebalap tuan rumah itu gagal mengalahkan Marc Marquez dalam perebutan gelar juara.

Video Populer

Foto Populer