Sukses


Ini Rapor 4 Pebalap Terbaik pada Paruh Pertama MotoGP 2017

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP 2017 telah merampungkan paruh pertama. Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengukuhkan diri sebagai juara paruh musim, diikuti Maverick Vinales (Movistar Yamaha) di posisi kedua.

MotoGP 2017 juga tak hanya menjadi arena persaingan untuk pebalap top. Beberapa kejutan juga sempat dilakukan rider tim satelit seperti Johann Zarco, Danilo Petrucci, dan Jonas Folger. Rapor ketiga pebalap tersebut terbilang cukup baik dengan raihan dua podium untuk petrucci dan masing-masing satu untuk Zarco serta Folger.

Rapor buruk justru dicatatkan pebalap Ducati, Jorge Lorenzo. Digadang-gadang bakal membawa Ducati kembali ke masa kejayaan, X-Fuera justru terpuruk di posisi kesembilan dengan jumlah poin 65. Pencapaian terbaik pebalap asal Spanyol itu pun hanya podium ketiga.

Pencapaian itu bahkan jauh lebih buruk dari Valentino Rossi ketika membela panji Ducati pada 2011. Saat itu The Doctor mengumpulkan 98 poin dan menghuni posisi keempat.

Lalu, bagaimana rapor pebalap top seperti Marc Marquez, Maverick Vinales, Andrea Dovizioso, dan Valentino Rossi pada paruh musim MotoGP 2017. Berikut ini Bola.com akan berikan rinciannya.

2 dari 5 halaman

Pembuktian Andrea Dovizioso

Pembuktian Andrea Dovizioso

Ducati merekrut Jorge Lorenzo untuk mengembalikan era kejayaan mereka seperti saat memiliki Casey Stoner. Namun, bukan Lorenzo yang berkibar. Kejutan malah datang dari pebalap yang sudah empat musim memperkuat Ducati, Andrea Dovizioso.

Di luar prediksi, pebalap Italia tersebut kini terlibat dalam pacuan gelar juara dunia bersama Marc Marquez, Maverick Vinales, Valentino Rossi, dan juga Dani Pedrosa.

Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, terharu mendapatkan hadiah spesial berupa jersey dari klub Serie A, AC Milan. (AFP/Robert Michael)

Dovizioso sudah mempersembahkan dua kemenangan bagi Ducati pada musim ini, dengan menjuarai MotoGP Italia dan MotoGP Catalunya. Dovi menutup paruh pertama MotoGP 2017 dengan bercokol di posisi ketiga klasemen sementara, defisit lima angka dari Marquez yang berkibar di puncak.

Andrea Dovizioso:

Posisi klasemen: 2

Poin: 124

Kemenangan: 2

Podium: 3

 

3 dari 5 halaman

Kejutan Maverick Vinales

Kejutan Maverick Vinales

Maverick Vinales sangat dominan pada awal musim dengan memenangi dua balapan pertama. Namun, penampilannya mulai naik turun pada beberapa seri selanjutnya. Alhasil, dia tak mampu terus bertahan di puncak klasemen sementara.

Pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, belum sepenuhnya merasakan manfaat dari sasis baru yang digunakan motornya. (Twitter/@MotoGP)

Proses adaptasi Vinales dengan motor Yamaha juga berlangsung cepat. Bahkan, mantan pebalap Suzuki tersebut sudah dominan sejak tes pramusim MotoGP 2017.

Maverick Vinales:

Posisi Klasemen: 3

Poin: 123

Kemenangan: 3

Podium: 4

4 dari 5 halaman

Kebangkitan Marc Marquez

Kebangkitan Marc Marquez

Marc Marquez memimpin klasemen sementara pebalap MotoGP 2017 setelah berhasil memenangi balapan MotoGP Jerman yang berlangsung di Sirkuit Sachsenring. Hal ini cukup mengejutkan karena rider berjuluk The Baby Alien itu belum sekalipun naik podium pertama dalam lima balapan terakhir MotoGP 2017.

Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, mengaku membutuhkan dua kemenangan lagi untuk memastikan gelar juara MotoGP 2017. (AFP/Robert Michael)

Bahkan, sebelum menjuarai MotoGP Jerman, Marquez terpaut 11 poin dari rider Ducati, Andrea Dovizioso, yang saat itu menjadi pemuncak klasemen. Pebalap berusia 24 tahun itu kemudian memangkas jarak dan kini punya 129 poin. Ia unggul lima angka dari pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales, yang berada di posisi kedua.

Marc Marquez:

Posisi Klasemen: 1

Poin: 129

Kemenangan: 2

Podium: 4

5 dari 5 halaman

Konsistensi Valentino Rossi

Konsistensi Valentino Rossi

Valentino Rossi mengawali musim ini dengan penampilan apik bersama Movistar Yamaha. Terhitung sudah empat kali Rossi naik podium dengan pencapaian terbaik menjadi juara MotoGP Belanda.

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, memakai helm edisi spesial pada sesi latihan bebas keempat MotoGP Italia di Sirkuit Mugello, Sabtu (3/6/2017). (Bola.com/Twitter/Michelin_Sport)

Pencapaian tersebut membuat Rossi kini berada di peringkat keempat klasemen sementara MotoGP 2017 dengan raihan 119 poin. Pebalap 38 tahun itu hanya selisih 10 angka dari Marc Marquez di posisi puncak.

Valentino Rossi:

Posisi Klasemen: 4

Poin: 119

Kemenangan: 1

Podium: 4

 

 

 

Video Populer

Foto Populer