Sukses


Pebalap asal Jepang Klaim Mengajari Rossi Cara Mengerem

Tokyo - Mantan pebalap MotoGP asal Jepang, Haruchika Aoki, mengaku Valentino Rossi mendapatkan banyak ilmu darinya. Dia bahkan mengklaim Rossi sebenarnya belajar proses pengereman darinya.

Pebalap yang pernah satu lintasan dengan Rossi pada kelas 125cc itu mengaku memang membiarkan Rossi mempelajari gaya balapnya. Dia menyebut The Doctor sering memperhatikan bagaimana Aoki melakukan titik pengereman yang dilakukannya.

"Pada tahun 1996 ketika kami berada pada balapan yang sama, dia selalu menunggu saya. Selalu mengikuti dan melihat bagaimana saya mencatat waktu terbaik pada saat kualifikasi atau saat balapan," kata Aoki dikutip dari laman MotoGP, Kamis (27/7/2017).

"Dia selalu berada di belakang saya untuk melihat perkembangan saya saat balapan. Saya tahu dia berusaha mempelajari metode balap milik saya, jadi saya selalu berkata padanya untuk mengikuti saya," tambahnya.

Sementara itu, Rossi memang mengakui Aoki adalah sosok penting dalam karier balapnya. Dia pun menjelaskan alasan mengapa memilih Aoki sebagai mentor.

"Haruchika merupakan sosok penting pada awal karier saya. Dia adalah pebalap yang cerdas bagaikan rubah. Timing-nya saat menyalip sangat luar biasa dan dia juga sangat kuat pada fase akhir lomba sehingga sulit dikalahkan. Dia selalu memberikan nasihat yang bagus buat saya," ujar Valentino Rossi seperti dikutip dari Motorsport-Magazin, Mei 2017. (David Permana)

 

Video Populer

Foto Populer