Sukses


3 Strategi Brilian yang Antar Marquez Ungguli Vinales - Rossi

Bola.com, Brno - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, memenangi balapan MotoGP Republik Ceska yang berlangsung flag to flag, di Sirkuit Brno, Minggu (6/8/2017), berkat strategi yang tepat dan keberanian mengambil keputusan cepat. Langkah serupa tak dilakukan duo pebalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales dan Valentino Rossi, yang akhirnya finis di posisi ketiga dan keempat.

Salah satu strategi brilian yang diambil Marquez adalah masuk ke pit paling awal. Dia mengganti motor dan ban pada akhir lap kedua. Pergantian tersebut terbukti sangat cerdik sehingga Marquez bisa melaju sendirian di depan saat pebalap lain masuk pit beberapa lap kemudian.

Marquez cepat masuk pit setelah merasa salah memilih ban lunak untuk roda belakang. Pilihannya tak tepat untuk kondisi lintasan yang mulai mengering. 

"Balapan ini agak mirip dengan flag to flag di MotoGP Jerman 2016. Saat itu saya sangat kesulitan karena memilih ban lunak untuk roda depan. Hari ini juga sama. Saya memilih ban lunak (di belakang) dan rasanya di antara pebalap-pebalap papan atas, saya satu-satunya (yang memakai ban belakang lunak)," kata Marquez, seperti dilansir Crash.

"Saya tak tahu mengapa memilih ban lunak, tapi saya ingin mengambil risiko. Saat ke lintasan saya menyadari telah membuat kesalahan dan situasi ini membuat saya masuk box sangat awal. Saya nyaris crash tiga atau empat kali, terutama di tikungan ketiga, saya mengerem dan kehilangan kendali bagian depan motor," sambung Marquez mengenai keputusan masuk pit sangat awal.

Selain keputusan masuk pit awal, strategi Repsol Honda yang cekatan mempersiapkan motor pengganti juga menjadi resep kesuksesan Marquez. "Kami melakukan tugas luar biasa, terutama tim yang bekerja sangat kuat sehingga motor saya siap dan saya sangat senang," urai Baby Alien.

Strategi ketiga yang tak kalah penting adalah keputusan Honda menggelar tes privat di Sirkuit Brno bulan lalu. "Kami membuat rencana yang tepat, strategi yang tepat karena kami menggelar tes di sini pada jeda musim panas. Kami datang ke sini siap dengan setelan, siap dengan gaya balap, dan itu hal yang sangat penting," tegas Marquez.

Berkat kemenangan di Brno, Marc Marquez semakin kukuh di puncak klasemen sementara MotoGP 2017. Dia unggul 14 poin atas saingan terdekatnya, Maverick Vinales, yang menempati posisi kedua.

 

Video Populer

Foto Populer