Sukses

5 Kemenangan Dramatis dalam Sejarah MotoGP

Bola.com, Jakarta - Balapan MotoGP kerap menyajikan suguhan menarik dan kadang mengejutkan. Fakta tersebut tak terasa aneh karena MotoGP dihuni pebalap-pebalap terbaik dunia yang selalu memberikan yang terbaik di lintasan. 

Sengitnya balapan kerap membuat jantung penonton, baik yang melihat langsung di sirkuit maupun dari layar kaca, dibuat berdebar tak tenang. Manuver-manuver berbahaya antarpebalap menjadi hal lumrah di setiap balapan.

Tak heran, beberapa kemenangan diraih secara dramatis, salah satunya saat Rossi menjuarai MotoGP Jerez 2015. Dia memenangi kemenangan sengit melawan Sete Gibernau. 

Contoh terbaru adalah kemenangan pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, pada MotoGP Austria di Sirkuit Red Bull Ring, Minggu (13/8/2017). Pebalap Italia tersebut dipaksa bersaing habis-habisan dengan pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, hingga lap terakhir. 

Keduanya beberapa kali saling menyalip. Bahkan, Marquez sempat melakukan manuver berisiko pada tikungan terakhir demi menyalip Dovizioso. Sayangnya, usaha Baby Alien gagal. Dia terpaksa menyudahi balapan di urutan kedua, sedangkan Dovizioso menjadi kampiun. 

Lalu, balapan MotoGP apa lagi yang menyajikan momen kemenangan dramatis?  

Berikut ini 5 Kemenangan Dramatis yang Pernah Terjadi di MotoGP:

1 dari 6 halaman

Valentino Rossi Vs Sete Gibernau (MotoGP Jerez 2005)

Valentino Rossi mengawali balapan dari posisi pole, sedangkan Sete Gibernau berada di belakangnya. Sejak awal balapan, keduanya sudah saling salip.

Pada lap penentuan, jarak keduanya sangat tipis. Rossi bahkan sempat bersenggolan dengan Gibernau yang akhirnya keluar lintasan.

Rossi berhasil menjadi juara di MotoGP Jerez 2005 dengan catatan waktu 45 menit 43,156 detik, adapun Sete Gibernau finis di urutan kedua dengan catatan waktu lebih lambat 8,631 detik.

"Tentu saja, itu merupakan aksi menyalip yang berbahaya. Pastinya, Sete marah dengan hal itu. Akan tetapi, Anda tahu bahwa inilah balapan!" kata Rossi saat itu.

2 dari 6 halaman

Valentino Rossi Vs Casey Stoner (MotoGP Amerika 2008)

MotoGP Amerika Serikat 2008 menjadi salah satu balapan yang sengit. Valentino Rossi yang membela Yamaha terlibat persaingan ketat dengan Casey Stoner yang memperkuat Ducati.

Aksi kejar-kejaran tersaji sepanjang balapan. Rossi dan Stoner secara bergantian saling menyalip menggunakan manuver-manuver yang berbahaya karena jarak antara kedua motor sangat tipis.

Balapan akhirnya dimenangi Valentino Rossi karena Casey Stoner terlalu melebar pada lap terakhir yang membuatnya terjatuh. Meski begitu, Stoner tetap mampu menyegel posisi kedua dengan catatan waktu lebih lambat 13,001 detik dari Rossi.

3 dari 6 halaman

Valentino Rossi Vs Marc Marquez (MotoGP Belanda 2015)

Bukan rahasia lagi MotoGP Belanda di Sirkuit Assen merupakan balapan favorit Valentino Rossi. Pada edisi 2015, pebalap berjuluk The Doctor memulai balapan dari posisi pole.

Rossi kemudian terlibat balapan sengit dengan Marc Marquez. Hal itu bertahan hingga lap terakhir ketika keduanya bersenggolan. Insiden tersebut membuat motor Rossi keluar lintasan dan memotong jalur gravel. Adapun Marquez tetap mempertahankan motornya di lintasan.

Hasilnya Rossi mengakhiri balapan di posisi terdepan dengan catatan waktu 40 menit 54,037 detik. Sementara itu, Marquez terpaks puas finis di posisi kedua dengan catatan waktu lebih lambat 1,242 detik.

4 dari 6 halaman

Jorge Lorenzo Vs Marc Marquez (MotoGP Italia 2016)

MotoGP Italia 2016 bakal menjadi duel Jorge Lorenzo dan Marc Marquez yang tidak terlupakan. Keduanya terlibat pertarungan sengit sampai lap terakhir.

Duel Lorenzo dan Marquez sudah dimulai sejal awal balapan. Keduanya saling salip menggunakan manuver-manuver yang berbahaya.

Drama akhirnya terjadi pada lap terakhir. Lorenzo berhasil menyalip Marquez pada putaran terakhir dan mengakhiri balapan di posisi terdepan. Lorenzo hanya unggul 0,019 detik atas pebalap Repsol Honda tersebut.

5 dari 6 halaman

Andrea Dovizioso Vs Marc Marquez (MotoGP Austria 2017)

Persaingan antara Marc Marquez dan Andrea Dovizioso sudah berawal sejak sesi kualifikasi. Marquez memastikan diri memulai balapan dari posisi pole, sedangkan Dovizioso menempati posisi kedua.

Duel keduanya mulai terlihat pada 10 lap terakhir. Kedua pebalap saling menyalip untuk mengisi posisi pertama.

Pada tikungan terakhir, Dovizioso dan Marquez terlibat pertarungan mendebarkan. Marquez yang mencoba menyalip, hampir menutup jalan Dovi. Namun, Dovizioso mampu bereaksi kemudian memimpin hingga garis finis. Dia membukukan catatan waktu 39 menit 43,323 detik.

2 Komentar

Video Populer

Foto Populer