Sukses


Pebalap Muda Spanyol Jadikan Valentino Rossi sebagai Referensi

Salzburg - Rider muda asal Spanyol, Joan Mir, mengakui Valentino Rossi adalah sumber referensinya sebagai pebalap. Sang pemuncak klasemen Moto3 itu ingin mengikuti jejak The Doctor tampil pada ajang MotoGP.

Kilau Rossi sudah terlihat jauh sebelum dirinya mencicipi kelas utama atau MotoGP. Saat turun di kelas 125cc, hanya butuh dua tahun bagi pebalap asal Italia tersebut untuk meraih gelar juara, yakni pada musim 1997.

Kiprah impresifnya berlanjut saat menjuarai kelas 250cc musim 1999. Sementara di kelas utama, sudah tujuh gelar juara dunia dinikmati pebalap berusia 38 tahun itu. Tak heran jika banyak pebalap muda yang menjadikan Rossi sebagai patokan.

"Valentino Rossi adalah referensi dari semua pebalap. Mendekati catatannya sangat menghibur saya. Ini suatu kehormatan, ia adalah idola saya," ungkap Mir seperti dilansir Tuttomotoriweb.

Di kelas Moto3 2017 sendiri, Mir begitu dominan. Dari 11 balapan, pebalap berusia 19 tahun itu sudah menorehkan tujuh kemenangan. Akan sulit bagi pebalap lain untuk menyalipnya di puncak klasemen. Saat ini, koleksi 215 poin Mir sudah unggul 64 poin atas pesaing terdekatnya.



"Kami harus mencoba untuk meraih poin di setiap balapan. Saya tak mencoba untuk menjadi juara (dunia) di Aragon. Kami harus mengelolanya dengan cara terbaik. Kami tahu bahwa dalam beberapa balapan yang lain bisa saja menyerang," tegas Mir.

Pada musim depan, Mir hampir dipastikan naik kelas ke ajang Moto2. Dia dikabarkan bergabung dengan Estrela Galicia 0.0 Marc VDS untuk menggantikan posisi murid Valentino Rossi, Franco Morbidelli.

Video Populer

Foto Populer