Sukses


Misano Bukan Sirkuit yang Ramah untuk Pebalap Tuan Rumah

Bola.com, Misano - Kalender MotoGP 2017 akhirnya sampai pada seri ke-13 yang bakal berlangsung di Sirkuit Misano, San Marino. Namun, sirkuit yang terletak di daerah Italia itu ternyata tak ramah untuk para pebalap tuan rumah.

Sirkuit Misano sudah menggelar balapan motor kelas dunia sejak 1981. Sirkuit dengan panjang lintasan 4,2 km itu baru mendapat restu untuk menggelar balapan motor kelas premier seperti MotoGP pada 2007.

Casey Stoner menjadi pebalap MotoGP pertama yang berhasil meraih kemenangan di Misano. Ketika itu, pebalap asal Australia tersebut masih mengendarai motor Ducati.

Adapun secara keseluruhan, dari 10 balapan yang sudah digelar di Misano, tujuh di antaranya dimenangi pebalap non Italia. Satu-satunya pebalap Italia yang pernah meraih kemenangan di Misano pada kelas MotoGP adalah Valentino Rossi pada 2008, 2009, dan 2014.

Selebihnya, Misano dikuasi oleh para pebalap asal Spanyol yang secara bergantian menjadi raja di tanah Italia. Jorge Lorenzo masih menjadi pebalap Spanyol terbanyak yang meraih kemenangan di Misano dengan tiga titel pada 2011, 2012, dan 2013.

Pencapaian itu kemudian diikuti oleh duo Repsol Honda yakni Dani Pedrosa dan Marc Marquez. Masing-masing dari mereka saat ini sudah meraih dua gelar, yakni Pedrosa pada 2010 dan 2016, sedangkan Marquez pada 2011 dan 2012.

Pada MotoGP Misano 2017 kali ini Rossi gagal untuk menambah koleksi gelar di Sirkuit Misano. Pebalap berjuluk The Doctor itu dipastikan absen pada balapan nanti karena sedang menjalani pemulihan cedera setelah mengalami kecelakaan motorcross.

Harapan publik Italia kini bertumpu pada Andrea Dovizioso yang sedang melejit di MotoGP. Pebalap Ducati itu memiliki penampilan cemerlang setelah meraih empat kemenangan musim ini yang membuatnya kini berada di puncak klasemen sementara MotoGP 2017.

Selain itu, masih ada nama Danilo Petrucci, Andrea Iannone, dan Michele Pirro yang juga memiliki paspor Italia. Ketiga nama tersebut punya peluang untuk kembali mengharumkan nama pebalap lokal di Sirkuit Misano.

Video Populer

Foto Populer