Sukses


Kiprah Jonas Folger pada MotoGP 2017 Bisa Berakhir Prematur

Bola.com, Phillip Island - Pebalap Yamaha Tech 3, Jonas Folger, terancam tak bisa menuntaskan MotoGP 2017 hingga seri terakhir. Rider asal Jerman itu didiagnosis mengidap penyakit mononucleosis yang membutuhkan waktu penyembuhan cukup lama.

Folger sudah merasa tak enak badan sejak menjelang MotoGP Jepang di Motegi, pada pekan lalu. Dia mengalami kelelahan ekstrem dan memperlihatkan tanda-tanda terinfeksi virus.

Tim medis MotoGP lalu menyarankan Folger absen pada MotoGP Jepang dan segera pulang ke Jerman untuk menjalani serangkaian tes darah di Munich. Dia telah merampungkan tes darah di rumah sakit pada Selasa (17/10/2017).

Team Principal Yamaha Tech 3, Herve Poncharal, mengatakan Folger diduga mengidap penyakit mononucleosis yang disebabkan Epstein-Barr Virus (EBV). Folger sebelumnya pernah terserang EBV pada 2012.

"Kami baru akan menerima laporan lengkap hasil tes medis Jonas pada Sabtu (21/10/2017). Hampir bisa dipastikan dia terkena mononucleosis," kata Poncharal kepada televisi Spanyol Movistar, Jumat (20/10/2017).

Waktu pemulihan penyakit mononucleosis beragam, paling cepat hanya dua sampai empat pekan. Namun, pada beberapa kasus yang ekstrem, penderita mononucleosis bisa merasakan lelah yang sangat parah selama berbulan-bulan. Artinya, Folger kemungkinan belum pulih total pada seri terakhir di Valencia, 12 November 2017.

"Jonas hanya beristirahat sambil menonton televisi dan tak bisa berlatih. Masalahnya, waktu pemulihan penyakit ini bisa memakan waktu hingga tiga bulan. Hampir mustahil dia bisa pulih tepat waktu untuk ikut balapan di Valencia," ujar Poncharal.

Folger digantikan Kohta Nozane pada MotoGP Jepang. Untuk MotoGP Australia pada akhir pekan ini, Yamaha Tech 3 mendaftarkan pebalap tuan rumah Broc Parkes. Namun, Tech 3 kesulitan mencari pengganti Folger untuk MotoGP Malaysia (27-29 Oktober 2017) karena waktu yang mepet.

"Kami berada dalam situasi yang sulit karena baru mengetahui Jonas sakit di Jepang. Nozane itu inisiatif dari Yamaha, sedangkan Broc dipilih karena memang sudah pernah menguji motor Yamaha YZR-M1. Sangat sulit bagi kami jika harus memakai pebalap baru di setiap balapan. Kami bahkan belum tahu akan memakai jasa siapa di Malaysia," kata Poncharal.

Jonas Folger tampil menjanjikan pada musim debut di MotoGP tahun ini. Dia meraih podium untuk pertama kali hasil finis kedua pada balapan kandang di Sachsenring, Jerman, pada 2 Juli 2017 dan saat ini menempati posisi ke-10 klasemen sementara.

Video Populer

Foto Populer