Sukses


Mahal, Perbaikan Motor MotoGP yang Rusak Karena Jatuh

Jakarta - MotoGP adalah salah satu olahraga termahal di dunia. Perputaran uang yang terjadi dalam lomba kuda besi itu mencapai angka yang fantastis. Bahkan, untuk sekadar menangani kecelakaan, biaya yang harus dikeluarkan begitu besar.

Untuk olahraga seperti MotoGP, kecelakaan menjadi sesuatu yang sangat akrab. Hampir di setiap seri selalu ada pembalap yang mengalami kecelakaan atau sekadar terjatuh. Apalagi jika balapan harus berlangsung di lintasan basah.

Kepala Teknik LCR Honda, Christophe Bourguignon, mengungkap sebuah fakta menarik yang menjadi bukti betapa mahalnya MotoGP. Dalam wawancara bersama The Telegraph, ia mengungkapkan mahalnya biaya yang harus dikeluarkan tim MotoGP.

"Kecelakaan bisa menghabiskan antara 15.000 euro (Rp 236,3 juta) dan 100.000 euro (Rp 1,57 miliar). Kecelakaan yang hanya menghabiskan 2.000 euro (Rp 31,5 juta). Jika beruntung, kami hanya perlu mengganti beberapa bagian," kata Bourguignon.

Bahkan, hanya untuk satu set rem karbon, tim MotoGP harus merogoh kocek hingga 10.000 euro (Rp 157,5 juta). Jika motor terjatuh di area kerikil dan ada serpihan batu di cakram, tim harus menggantinya dengan yang baru karena cukup berisiko.

Selain rem, komponen lain yang begitu rawan rusak adalah velg. Untuk velg magnesium bisa seharga 4.000 euro (Rp 62,8 juta). Sayangnya, ban Michelin tak seperti Bridgestone yang melindungi velg jika terjadi kecelakaan.

 

2 dari 2 halaman

Biaya Kecelakaan Marquez

Dengan beberapa rincian biaya tersebut, biasa dibayangkan berapa biaya yang dihabiskan Repsol Honda untuk memperbaiki motor Marc Marquez. Seperti diketahui, The Baby Alien mengalami 27 kali kecelakaan sepanjang musim lalu.

Marc Marquez mengalami 27 kecelakaan sepanjang MotoGP 2017. (AP Photo/ Natacha Pisarenko)

Jika diambil rata-rata minimal saja atau biaya 15.000 euro per kecelakaan, Marquez membuat Repsol Honda menghabiskan biaya hingga 405.000 euro (Rp 6,38 miliar). Tentu, jika Bourguignon berkata jujur, biaya yang dihabiskan Repsol Honda untuk kecelakaan Marquez jauh lebih besar dari ini.

Untungnya, besarnya biaya tersebut dibayar Marquez dengan aksi mengesankan. Gelar juara dunia MotoGP 2017 menjadi pilih pembalap Spanyol itu usai finis ketiga MotoGP Valencia. Itu menjadi gelar juara dunia MotoGP keempat yang diraih Marquez.

Video Populer

Foto Populer