Sukses


4 Fakta Gila di Balik Penyelamatan Ajaib Marquez di Valencia

Bola.com, Jakarta - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, hampir melakukan kesalahan fatal pada balapan terakhir MotoGP 2017 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol, 12 November 2017. Marquez nyaris terjatuh saat balapan tinggal menyisakan tujuh lap.

Balapan MotoGP Valencia berlangsung dalam 30 lap. Marquez yang sedang berada di posisi kedua menyalip pimpinan lomba, Johann Zarco (Yamaha Tech 3), pada pengujung lap ke-23.

Zarco dikenal sebagai pebalap agresif. Khawatir Zarco memberikan perlawanan setelah trek lurus start/finis, Marquez memutuskan memacu motor hingga limit untuk mempertahankan posisi terdepan.

Laju Marquez ternyata terlalu kencang saat memasuki tikungan 1. Dia juga terlambat mengerem. Akibatnya, ban depan motor Marquez selip. Namun, Marquez secara luar biasa mampu menjaga keseimbangan motor sehingga tak mencium aspal.

"Saya menyadari laju motor terlalu cepat saat masuk tikungan. Namun, saya tetap berusaha mengerem dan kemudian 'boom'! Agar tak terjatuh, saya menyangga berat badan saya dengan siku dan lutut. Saya akhirnya mampu mengangkat motor," kata Marquez seperti dikutip dari situs resmi MotoGP, Rabu (22/11/2017).

Insiden itu memaksa Marquez melintasi gravel sebelum kembali masuk trek di posisi kelima. Dia akhirnya finis ketiga di belakang rekan setimnya yang jadi pemenang, Dani Pedrosa, dan Zarco. Hasil itu memastikan gelar MotoGP 2017 menjadi milik Marquez.

Pada Selasa (21/11/2017), Repsol Honda mengungkap empat fakta gila di balik penyelamatan ajaib Marc Marquez yang melawan gravitasi di Valencia via media sosial. Apa saja fakta-fakta menarik di balik aksi luar biasa Marquez yang disebut motogp.com sebagai penyelamatan terbaik abad ini tersebut?

2 dari 5 halaman

1. 30 meter

Marc Marquez mengerem 30 meter lebih lambat dibandingkan lap-lap sebelumnya.

3 dari 5 halaman

2. 50 meter

Momen mendebarkan Marquez tampak terjadi hanya sekejap mata. Namun, saat mengalami selip, ban depan motor Marquez ternyata sliding sejauh 50 meter. Pada momen itu, Marquez menggunakan siku dan lututnya untuk menahan berat badan agar motor tak terjatuh.

4 dari 5 halaman

3. 64 derajat

Sudut kemiringan maksimum Marquez mencapai 64 derajat. Hebatnya, dia tak terjatuh, bahkan bisa mengangkat kembali motornya sebelum masuk gravel.

5 dari 5 halaman

4. 153 km/jam

Kecepatan Marquez menuju tikungan 1 adalah 153 km/jam di gigi tiga.

Video Populer

Foto Populer