Sukses


Penerus Valentino Rossi Itu Bernama Bagnaia

Jakarta Sejumlah nama pembalap muda Italia terus disebut-sebut sebagai penerus Valentino Rossi di ajang MotoGP. Namun, terdapat satu nama yang dianggap dinilai memiliki karaker mirip The Doctor yakni  Francesco Bagnaia.

Pembalap berusia 20 tahun itu sejatinya juga sudah menjadikan MotoGP  sebagai target jangka pendek. Namun, saat ini ia ingin fokus terlebih dahulu bersama Sky Racing Team VR46, tim milik Rossi, di Moto2 2018 setelah melewati musim mengesankan.

Ya, Bagnaia menjadi salah satu pembalap yang mencuri perhatian di Moto2 2017. Carlos Pernat yang notabene pengamat MotoGP sekaligus manajer Andrea Iannone pun meyakini bahwa Bagnaia adalah pembalap masa depan Italia.

"Dua pembalap terbaik yang kami (Italia) miliki dengan satu tujuan ke MotoGP adalah (Romano) Fenati dan Enea Bastianini. Mungkin juga Bagniai, ia sangat kuat, tapi saya butuh waktu untuk mengevaluasinya," kata Pernat, dilansir GPOne.

Bagnaia sendiri adalah pembalap yang sudah mengenyam pengalaman di kelas Moto3 sejak musim 2013. Namun, saat itu ia belum berstatus sebagai pembalap utama. Kepercayaan itu baru didapat semusim kemudian bersama Sky Racing VR46.

 

2 dari 3 halaman

Bidik MotoGP 2019

Pembalap Sky Racing Team VR46, Francesco Bagnaia berharap bisa tampil di MotoGP 2019. (Jure Makovec / AFP)

Sayang, petualangannya saat itu berakhir buruk. Ia pun berpisah dengan Sky Racing VR46. Dua musim beruntun ia memperkuat tim Mahindra sebelum akhirnya kembali ke Sky Racing VR46 dan naik kelas ke Moto2 pada 2017.

Dari 18 balapan, ia sukses menggondol empat podium dengan total raihan 174 poin. Jebolan VR46 Academy itu pun berhak finis di urutan kelima klasemen akhir hingga dinobatkan sebagai Rookie of the Year Moto2 2017.

Dengan potensi yang dimilikinya, ia pun berharap bisa mendapatkan satu tempat sebagai pembalap MotoGP 2019. "Saya pikir ini (2019) akan menjadi saat yang tepat. Jika saya mendapat tawaran untuk 2018, saya tidak akan siap untuk menangani situasi ini. Tapi dengan tambahan satu tahun pengalaman lagi, ya," tegas Bagnaia.

3 dari 3 halaman

Bagnaia dan Biodata

Nama: Francesco Bagnaia

Kelahiran: Turin, Italia, 14 Januari 1997

Kebangsaan: Italia

Nomor motor: 42

Rapor Bagnaia di Semua Kelas

Moto3: 69 balapan, 2 menang, 7 podium, 1 pole, 2 fastest lap, 271 poin

Moto2: 18 balapan, 0 menang, 4 podium, 0 pole, 0 fastests lap, 174 poin

Video Populer

Foto Populer