Sukses


Valentino Rossi Nyaris Tinggalkan MotoGP demi F1

Jakarta Sepanjang kariernya, Valentino Rossi sempat dikaitkan bakal menjadi pembalap di luar MotoGP, salah satunya adalah Formula 1. Selama lebih dari satu dekade terakhir, Rossi berulang kali dilaporkan akan menjadi pembalap Ferrari.

Daya tarik Valentino Rossi untuk dunia olahraga otomotif tak hanya di MotoGP, tapi juga sampai ke Formula 1. Pada Januari 2006, ia mengejutkan publik dengan mengambil bagian dalam tes pramusim bersama Ferrari di lintasan Formula 1.

Bahkan, saat itu catatan waktunya hanya terpaut 0,7 detik dari Michael Schumacher yang juga memperkuat Ferrari. Schumi pun menilai bahwa The Doctor memiliki bakat luar biasa dan mengatakan bahwa ia memiliki peluang besar untuk tampil kompetitif di Formula 1.

Namun, pada akhirnya Valentino Rossi mengumumkan bahwa ia akan bertahan di MotoGP sampai ia merasa bahwa kariernya dalam balapan kuda besi benar-benar berakhir. Schumi pun merasa sedih, tapi tetap mendukungnya. Ayah Rossi, Graziano pun menceritakan apa yang terjadi saat itu dalam sebuah wawancara dengan Radio Sportiva.

"Itu adalah mimpi yang telah berlalu dan Valentino urung ke sana karena alasan tertentu. Satu-satunya kesempatan adalah dengan Ferrari dan kami sudah melangkah lebih dekat daripada yang diketahui semua orang," kata Graziano, dikutip Tuttomotoriweb.

 

2 dari 3 halaman

Setia MotoGP

Pada periode 2004-2010, pembalap asal Italia itu memang sudah beberapa kali mengindikasikan akan hijrah ke Formula 1. Tapi, berulang kali pula pria berusia 39 tahun itu menjadikan tes dengan mobil Formula 1 hanya sekadar untuk bersenang-senang.

Pada akhirnya, usai memutuskan bertahan di MotoGP, Rossi langsung meneken kontrak baru dengan Yamaha untuk musim 2007 dan 2008, bahkan diperpanjang untuk musim 2009 dan 2010. Keputusan itu terbukti jitu setelah Rossi menjadi juara dunia pada musim 2008 dan 2009.

"Hal itu tetap menjadi misteri karena Valentino dan Ferrari tak ingin membuatnya jadi berita publik. Tapi saya bisa memastikan bahwa saat Anda berada di jalur yang tepat, Vale sangat kuat dan ia sangat nyaris menjadi pembalap Ferrari," tegas Graziano.

3 dari 3 halaman

Statistik Rossi di Semua Kelas

125 cc

Balapan: 30

Menang: 12

Podium: 15

Pole: 5

Fastest lap: 9

Poin: 432

 

250cc

Balapan: 30

Menang: 14

Podium: 21

Pole: 5

Fastest lap: 11

Poin: 510

 

MotoGP

Balapan: 301

Menang: 89

Podium: 190

Pole: 54

Fastest lap: 75

Poin: 4.893

Sumber: Liputan6.com

Video Populer

Foto Populer