Sukses


NBA Ingin Segera Memiliki Pelatih Kepala Wanita

Bola.com, New York - Sepanjang sejarah, belum pernah ada wanita yang menjadi pelatih kepala sebuah tim NBA. Komisioner NBA Adam Silver berharap dalam waktu dekat NBA bisa segera memiliki pelatih kepala wanita.

"Peluang wanita menjadi pelatih kepala tim NBA itu ada. Tugas saya adalah memastikan hal itu terjadi dalam waktu dekat," kata Silver seperti dikutip dari situs resmi NBA, Rabu (29/3/2017).

Saat ini sudah ada beberapa pelatih wanita di tim NBA. Namun, statusnya bukan pelatih kepala.

Becky Hammon (San Antonio Spurs) dan Nancy Lieberman (Sacramento Kings) berperan sebagai asisten pelatih. Sementara itu, Natalie Nakase (Los Angeles Clippers) bekerja sebagai asisten koordinator video dan beharap suatu saat nanti bisa menjadi pelatih.

"Saya menentang anggapan NBA tak akan pernah memiliki pelatih kepala wanita. Memang sulit untuk mengatakan kapan hal itu akan terjadi, tapi saat ini sudah ada tiga wanita yang berkarier sebagai staf pelatih tim NBA," kata Silver.

"Untuk atlet, pria dan wanita punya fisik berbeda. Atas dasar itulah kami memiliki liga untuk pria dan wanita. Namun, jika bicara soal pelatih, batasan fisik itu sudah tak relevan lagi. Karena itu, tak ada alasan wanita tak bisa jadi pelatih kepala di NBA. Kami sangat menjunjung tinggi kesetaraan gender," ujar Silver.

Video Populer

Foto Populer