Sukses


5 Rekor di NBA yang Sulit Dipatahkan

Bola.com, Jakarta - Sejumlah rekor tercipta pada NBA musim 2016-2016. Salah satu rekor baru yang muncul adalah keberhasilan bintang Cleveland Cavaliers, LeBron James, menggusur Michael Jordan sebagai pengumpul poin terbanyak di babak playoff. 

LeBron mengukir rekor baru tersebut pada Gim 5 final wilayah timur melawan Boston Celtics. Kini, Cavaliers telah memastikan langkah ke final NBA untuk menantang juara wilayah barat, Golden State Warriors. 

Sebelumnya, ada Russell Westbrook yang memecahkan rekor triple double terbanyak dalam satu musim reguler NBA. Pemain Oklahoma City Thunder itu 42 kali membuat triple double musim ini.

Westbrook melewati pencapaian Oscar Robertson yang sudah bertahan 55 tahun dengan 41 kali triple double di musim 1961-1962. Westbrook juga menjadi pemain kedua setelah Robertson yang memiliki catatan rata-rata di musim reguler dua digit pada tiga kategori yakni poin, rebound dan assists.

Akan tetapi masih banyak rekor-rekor NBA yang nampaknya akan sulit dipecahkan di musim reguler. Rekor-rekor tersebut sudah bertahan sangat lama. Apa saja?

Berikut ini lima rekor di NBA yang diprediksi bakal sangat sulit dipecahkan: 

2 dari 6 halaman

Rata-rata Poin Terbanyak

 1. Rata-rata Poin Tertinggi

Rekor pemain dengan rata-rata poin tertinggi dalam satu musim reguler NBA dipegang oleh Wilt Chamberlain. Dia menorehkan rata-rata 50,36 poin pada musim 1961-1962 bersama Philadelphia/San Francisco Warriors.

Pada era modern sangat sulit ada pemain yang bisa membuat poin rata-rata 50 poin. Dalam 25 tahun terakhir saja rata-rata poin yang paling mendekati rekor milik Chamberlain adalah 35,4 yang dibuat Kobe Bryant.

Pada musim 2016-2017, pemain dengan rata-rata poin tertinggi adalah Westbrook dengan 31,6 poin per pertandingan.

3 dari 6 halaman

Poin Terbanyak Dalam Satu Pertandingan

2. Poin Terbanyak Dalam Satu Pertandingan

Chamberlain juga memegang rekor pencetak angka terbanyak dalam satu pertandingan. Dia pernah membuat 100 poin pada 2 Maret 1962. Selain itu Chamberlain pernah enam kali mencetak 70 poin atau lebih dalam satu pertandingan.

Torehan 100 poin dalam satu pertandingan milik Chamberlain sangat sulit bisa dipecahkan di era sekarang ini. Sebagai catatan, poin terbanyak dalam satu laga musim ini hanya 70 yang dibuat Devin Booker (Phoenix Suns).

Pemain yang paling nyaris melampaui rekor Chamberlain ini adalah Kobe Bryant. Legenda Los Angeles Lakers ini pernah menorehkan 81 angka pada 2006.

4 dari 6 halaman

Rebound Terbanyak

 3. Rebound Terbanyak 

Chamberlain memuncaki daftar pemain yang mengoleksi rebound terbanyak sepanjang sejarah NBA. Selama berkarier di NBA, Chamberlain total membuat 23.924 rebound.

Rekor Chamberlain ini juga berpeluang bertahan hingga puluhan tahun ke depan. Pemain yang paling mendekati Chamberlain yakni Tim Duncan sudah pensiun.

Duncan hanya terpaut 8.833 rebound dari Chamberlain. Pemain aktif di NBA saat ini yang mengoleksi rebound terbanyak adalah Dwight Howard. Pemain Houston Rockets itu mengantongi 11.133 rebound.

Dengan usia yang sudah 31 tahun dan kerap diganggu cedera, rasanya sulit bagi Howard untuk bisa mengejar rekor Chamberlain ini.

5 dari 6 halaman

Assist Terbanyak

4. Assists Terbanyak 

Salah satu point guard terbaik yang pernah bermain di NBA adalah John Stockton. Dia merupakan raja assists sepanjang masa dengan torehan 15.806 assists.

Sangat sulit membalap rekor Stockton ini dalam beberapa tahun ke depan. Pemain aktif dengan assists terbanyak saat ini adalah Chris Paul.

Sepanjang berkiprah di NBA, point guard Los Angeles Clippers itu mampu membuat 7.688 asists. Tapi Paul saat ini sudah berusia 31 tahun.

6 dari 6 halaman

Steal Terbanyak

5. Steal Terbanyak 

Selain menjadi raja assists, John Stockton juga memuncaki daftar pengoleksi steal terbanyak sepanjang masa di NBA. Dia 3.265 kali mencuri bola dari penguasaan lawan sepanjang berkiprah di NBA.

Pemain aktif yang paling mendekati rekor Stockton adalah Chris Paul. Tapi jumlah assists Paul masih sangat jauh dari rekor Stockton. Paul baru membuat 1.793 steal. (Artikel asli ditulis Thomas/Diedit Adyaksa Vidi/Liputan6.com)

 

Video Populer

Foto Populer