Sukses


Bebas Doping, Atlet Panahan Rusia Bisa Tampil di Olimpiade Rio

Bola.com, Moskow - Federasi Panahan Dunia atau WAF meenyatakan atlet panahan wanita Rusia yang terdiri atas Ksenia Perova, Tuiana Dashidorzhieva, dan Inna Stepanova bersih dari doping. Tiga atlet tersebut otomatis diizinkan tampil di Olimpiade Rio de Janeiro 2016

Kabar tersebut diungkapkan oleh pelatih tim panahan Rusia, Vladiir Yesheyev, kepada media setempat TASS, Senin (25/7/2016). "Saya sudah menghubungi petinggi federasi yang bersangkutan dan mereka menjawab para atlet saya terbebas dari tuduhan doping, dan diperbolehkan untuk bertanding di Olimpiade," sebut Yesheyev.

Sebelumnya, sejumlah negara dan delegasi atlet meminta kepada Komite Olimpiade Internasional atau IOC untuk mencabut keikutsertaan seluruh delegasi Rusia karena doping.

Menurut laporan New York Times, Senin (18/7/2016), permintaan tersebut sudah diajukan pejabat badan anti doping dari 10 negara dan 20 wakil atlet dari cabang olahraga yang berbeda, beberapa hari yang lalu. Permintaan ini merupakan kelanjutan atas tuduhan terhadap Rusia yang diduga menjalankan program doping yang dibiayai anggaran negara.

Pemimpin tim investigasi, Richard McLaren, bahkan mengklaim Kementerian Olahraga Rusia memanipulasi tes doping dan hasilnya. Dengan alasan itulah, Badan Antidoping Dunia (WADA) meminta Rusia didepak dari Olimpiade dan Paralimpiade Rio de Janeiro 2016. Hukuman seperti itu belum pernah terjadi sebelumnya. Itu bakal menjadi sanksi terberat dalam sejarah olimpiade.

Namun, IOC mematahkan aduan tersebut dan memberikan diskresi kepada federasi olahraga masing-masing untuk memutuskan apakah atlet Rusia berhak untuk berpartisipasi di Olimpiade Rio atau tidak.

Sumber : TASS

 

Video Populer

Foto Populer