Sukses


Atlet Anggar, Voli dan Triathlon Rusia Bisa Tanding di Olimpiade

Bola.com, Rio de Janeiro - Atlet anggar, voli dan triathlon Rusia mendapatkan izin bertanding di Olimpiade Rio de Janeiro 2016 dari federasi cabang olahraga masing-masing.  Keputusan ini menjadi kabar gembira bagi tim Beruang Merah di tengah-tengah badai skandal doping yang mengguncang mereka. 

Skandal doping Rusia telah memakan banyak korban. Total, ada 108 atlet Rusia yang kena hukuman larangan bertanding karena terbukti doping. Beruntung, atlet dari tiga cabang tersebut dinyatakan bersih dan bisa bertanding. Perinciannya, 16 atlet anggar, 6 atlet triathlon dan satu tim bola voli.

Otoritas anggar internasional, FIE, menyatakan sudah memeriksa 197 sampel yang diambil dari atlet Rusia sepanjang 2014-2016. Semua sampel tersebut dinyatakan negatif atau bersih dari dopinh.

Sementara itu, Otoritas Triathlon Internasional (ITU) membuat pernyataan tertulis tentang hasil pemeriksaan yang sudah dilakukan. "Tidak satupun dari 3 atlet pria dan 3 atlet wanita terlibat dalam praktek doping yang disebutkan oleh laporan tim independen, dan mereka tidak pernah terkena larangan tanding karena doping sebelumnya."  

"Ditambah lagi, mereka diuji di luar Rusia. Maka dari itu kami merekomendasikan agar 6 atlet ini bisa bertanding di Olimpiade Rio," beber pernyataan dari ITU tersebut. 

Sejauh ini, atlet Rusia dari cabang berkuda, menembak, judo, tenis, dan panahan sudah mendapatkan izin untuk bertanding. Sedangkan atlet renang dan kano dinyatakan positif doping sehingga batal tampil di Olimpiade Rio. 

Sebelumnya,Komite Olimpade Internasional (IOC), Minggu (24/7/2016), memutuskan memberikan kewenangan pemberian sanksi kepada tiap-tiap federasi olahraga.

Seluruh atlet Rusia harus membuktikan tak terlibat doping jika ingin berpatipasi di Olimpiade 2016. Jika atlet terbukti bersih, maka harus diizinkan tampil di Olimpiade Rio.

Sumber: BBC

Video Populer

Foto Populer