Sukses


Bos Manor: Rio Haryanto Tampil Bagus, tapi Mobilnya Belum Oke

Bola.com, Barcelona - Hasil kurang memuaskan diraih Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein pada sesi kualifikasi F1 GP Spanyol di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Sabtu (14/5/2016). Duo Manor Racing itu harus puas menempati dua posisi paling belakang.

Rio akan start dari posisi ke-22. Sementara itu, Wehrlein bakal memulai lomba persis di depan rekannya tersebut. Rio mengaku tak puas dengan pencapaian pada sesi kualifikasi.

"Pascal dan Rio sudah melakukan pekerjaan dengan sangat baik. Jadi, wajar jika mereka kecewa dengan posisi start yang diraih," kata Dave Ryan, Racing Director Manor Racing, dalam rilis yang diterima Bola.com.

Manor meng-upgrade mobil MRT05 untuk balapan di Catalunya. Jet darat yang dipakai Rio dan Wehrlein sudah menggunakan paket aerodinamika baru pada bagian sayap depan dan belakang serta floor (lantai mobil).

Namun, pengembangan mobil itu ternyata belum cukup untuk membuat Manor Racing bersaing dengan rival terdekat, Sauber, pada sesi kualifikasi. Padahal, Sauber sama sekali tak membawa update mobil pada F1 GP Spanyol karena sedang mengalami krisis keuangan.

"Perasaan kami campur aduk. Di satu sisi, ada sisi positif dari paket baru kami. Akan tetapi, Catalunya selalu menjadi trek yang tricky buat kami untuk melihat hasil pengembangan mobil. Harus diakui kami masih memiliki banyak pekerjaan rumah untuk membuat mobil lebih kompetitif lagi," ujar Ryan.

Menurut Wehrlein, paket baru Manor sudah bekerja dengan baik. Hanya, untuk tampil cepat di Sirkuit Catalunya, mobil butuh aerodinamika yang bagus buat mendapatkan downforce yang besar. Sementara mobil Manor masih kurang oke di area tersebut.

"Selain itu, masalah degradasi ban yang kami alami sejak seri pertama belum sepenuhnya hilang," kata Wehrlein.

Menurut Wehrlein, Manor mungkin masih akan kesulitan untuk bersaing di papan tengah saat lomba, Minggu (15/5/2016). Namun, Ryan tak mau mengibarkan bendera putih sebelum berperang.

"Rio Haryanto dan Pascal Wehrlein selalu mampu bertarung dengan pebalap lain pada seri-seri sebelumnya meski mobil mereka kalah kompetitif. Kita lihat saja apa yang akan terjadi pada balapan F1 GP Spanyol nanti," ujar Dave Ryan, Racing Director Manor Racing.

Video Populer

Foto Populer