Sukses


Ini Penyebab Kerusakan Mesin Rossi dan Lorenzo di MotoGP Mugello

Bola.com, Catalunya - Duet pebalap tim MotoGP Yamaha, Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo, sama-sama mengalami kerusakan mesin saat tampil di MotoGP Mugello, Italia, Minggu (22/5/2016). Motor YZR-M1 milik Rossi mengalami kerusakan saat lomba dan gagal finis. Sementara Lorenzo lebih beruntung karena motornya rusak saat sesi pemanasan dan saat lomba ia malah bisa finis terdepan. 

Setelah lomba di Mugello, pihak Yamaha menginvestigasi mesin kedua rider tersebut. Jelang MotoGP Catalunya digelar Minggu (5/6/206), tim garpu tala merilis pernyataan yang menjelaskan penyebab kerusakan motor Rossi dan Lorenzo.

"Mesin mereka rusak karena masalah elektronik yang menyebabkan kerusakan pada piston dan katup. Mesin motor Rossi dan Lorenzo rusak karena penyebab yang sama, yaitu masalah elektronik. Sudah jelas bahwa kerusakan bukan disebabkan karena komponen mesin atau struktur mesin yang rusak. Murni karena kerusakan pada sistem elektronik," kata Kouji Tsuya, Pemimpin Proyek Yamaha YZR-M1 seperti dikutip crash.

Karakter sirkuit Mugello dan cara membalap ditengarai ikut menyebabkan kerusakan sistem elektronik. Pihak Yamaha memang tak mempersiapkan mesin khusus untuk setiap sirkuit.

"Mugello memang sirkuit yang berat buat mesin. Para pebalap akan membuat putaran mesin menjadi tinggi dan membuka gas maksimal dengan tiba-tiba karena karakter sirkuit membutuhkan hal itu," lanjut Tsuya.

Meski sudah mengetahui penyebab kerusakan mesin Rossi dan Lorenzo, Yamaha tak bisa mengubah atau mengganti komponen. Musim ini ada tujuh mesin yang disiapkan untuk tiap rider guna melakoni 18 seri.

Semua mesin tersebut telah disegel sehingga pergantian komponen tidak bisa dilakukan. Toh Yamaha tak khawatir dengan kondisi tersebut.

"Tidak ada mesin yang disiapkan secara khusus buat sirkuit tertentu. Semuanya sama. Kami punya sejarah yang bagus dalam hal ketahanan mesin. Kami tak perlu khawatir karena kerusakan sistem elektronik itu bisa terjadi pada mesin siapa saja," kata Tsuya.

Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan memulai akhir pekan dengan sesi latihan bebas pertama di MotoGP Catalunya pada Jumat (3/6/2016).

Video Populer

Foto Populer