Sukses


Kecelakaan di GP Catalunya, Pebalap Moto2 Luis Salom Tewas

Bola.com, Catalunya - Pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, tewas setelah mengalami kecelakaan pada latihan bebas kedua (FP2) GP Catalunya, Spanyo, Jumat (3/6/2016).

Pria berusia 24 tahun tersebut kehilangan kendali atas motor Kalex yang ditungganginya saat menikung kencang di Tikungan 12. Seperti dilansir Crash, penyebab kecelakaan itu belum diketahui dengan pasti. Namun, menurut hasil analisis sementara, kecelakaan itu tak melibatkan pebalap lain.

Salom langsung mendapatkan perawatan di lintasan sesaat sesudah insiden tersebut. Tak berapa lama kemudian, helikopter medis dipanggil. Sesi latihan bebas kedua MotoGP langsung dihentikan. Salom dibawa ke rumah sakit terdekat di Barcelona. 

Berselang beberapa jam, pihak penyelenggara GP Catalunya membawa kabar buruk. Nyawa Salom tak dapat diselamatkan.

"Menyusul insiden pada latihan bebas kedua Moto2 di Circuit de Barcelona-Catalunya, dengan sangat sedih kami harus memberitahukan kematian Luis Salom (SAG Team)," tulis pihak penyelenggara dalam rilis resmi.

"Sesi latihan bebas dihentikan dengan bendera merah sebelum 25 menit setelah pebalap jatuh pada Tikungan 12. Dua mobil medis dan kemudian dua ambulans didatangkan untuk memberikan perawatan kepada pebalap 24 tahun tersebut. Helikopter medis juga dilibatkan untuk memindahkan perawatannya," sambung pernyataan tersebut.

Luis Salom dimasukkan ke dalam ambulans setelah terjatuh dari motornya pada sesi FP2 Moto2 Catalunya, Jumat (3/6/2016). (Tony Albir)

"Mengingat kondisinya kritis, diputuskan untuk memindahkan Salom melalui jalur darat ke Rumah Sakit Umum Catalunya. Dalam perjalanan, dia dioperasi, tapi meski tim medis telah melakukan upaya terbaik, dia meninggal pada pukul 16.55 waktu setempat." 

Ekspresi ibunda Luis Salom setelah putranya mengalami kecelakaan pada sesi latihan bebas kedua Moto2 Catalunya, Jumat (3/6/2016). (EPA/Adreu Dalmau)

Salom melakukan debut pada ajang Grand Prix di Jerez pada 2009 di kelas 125cc. Total, dia telah naik podium sebanyak 9 kali, termasuk sembilan kemenangan di ajang Moto3. Salom berhasil finis kedua pada Moto3 2012, kemudian setahun berselang menempati urutan ketiga setelah bertarung ketat dengan Maverick Vinales dan Alex Rins pada seri pamungkas di Valencia.
Salom total naik podium sebanyak 41 kali di Moto2, termasuk finis kedua pada balapan pembuka 2016 di Sirkuit Losail, Qatar.

"FIM, Dorna, IRTA, RFME, dan Sirkuit Catalanya turut berduka cita sedalam-dalamnya untuk keluarga, teman-teman, dan tim Salom," imbuh pernyataan tersebut.

Video Populer

Foto Populer