Sukses


Luis Salom Tewas, Balapan MotoGP Catalunya Gunakan Layout F1

Bola.com, Catalunya - Balapan MotoGP Catalunya di Sirkuit Barcelona bakal mengunakan layout Formula 1 (F1) untuk sesi akhir pekan ini menyusul kecelakaan parah yang menewaskan pebalap Moto2 asal Spanyol, Luis Salom, Jumat (3/6/2016).

Seperti dilansir Crash, Salom tewas dalam sesi latihan bebas 2 (FP2) Moto2 setelah terjatuh dari motornya di tikungan kanan berkecepatan tinggi, yaitu Turn 12. Pebalap SAG Team tersebut sempat dilarikan ke rumah sakit, namun nyawanya gagal diselamatkan.

Seri Grand Prix Catalunya tetap dilanjutkan setelah pihak penyelenggara berdiskusi dengan keluarga Salom, para pebalap, tim, dan Komisi Keselamatan.

Namun, dalam pertemuan Komisi Keselamatan yang dihadiri Marc Marquez, Andrea Iannone, Pol Espargaro, Jack Miller, Bradley Smith, Alvaro Bautista, Aleix Espargaro, Andrea Dovizioso, Tito Rabat, dan Cal Crutchlow, disetujui penggunaan konfigurasi trek F1 untuk seluruh sesi balapan tersisa.

Tikungan 12 di MotoGP Catalunya adalah tikungan sebelum yang terakhir. Tikungan itu bertipe sangat cepat. Di sisi lain, F1 menggunakan tikungan yang lebih ketat di akhir trek lurus, plus chicane sebelum tikungan terakhir. Chicane adalah trek menyerupai huruf S, yang biasanya terletak di antara trek lurus. Dengan kata lain chicane adalah dua atau lebih tikungan berbeda arah yang letaknya beruntun.

Revisi layout juga pernah dicoba pada tes resmi MotoGP dua tahun lalu. Tetapi, uji coba itu mendapat respons beragam. Hasilnya, balapan tetap menggunakan layout original yang biasa digunakan pada balapan MotoGP.

Sebagai imbas perubahan layout ini, para pebalap bakal mendapat jatah latihan bebas lebih panjang pada Sabtu (4/6/2016). Penyelenggara MotoGP Catalunya menambah sesi latihan menjadi satu jam lebih lama.

Video Populer

Foto Populer