Sukses


Legenda Tinju Dunia Muhammad Ali Tutup Usia

Bola.com, Arizona - Legenda tinju dunia, Muhammad Ali, meninggal dunia pada Sabtu (4/6/2016). Eks juara dunia tinju kelas berat itu tutup usia pada usia 74 tahun. Seperti dilansir BBC, kabar meninggalnya Ali diumumkan oleh juru bicara keluarga. Ali meninggal dunia karena sakit.

Ali sudah dirawat di sebuah rumah sakit di Arizona sejak Kamis (2/6/2016). Dia mengalami masalah pernapasan dan diperburuk dengan penyakitParkinson yangdideritanya sejak tahun 1980-an.

Pada Jumat (3/6/2016), muncul kabar kondisi kesehatan Ali menurun. Dia bahkan dilaporkan harus mendapat bantuan alat penunjang kehidupan (life support).

Ali dilahirkan dengan nama Cassius Marcellus Clay. Dia mulai terkenal setelah merebut emas kelas berat ringan pada Olimpiade 1960 di Roma, Italia.

Ali merebut titel pertamanya dengan mengalahkan Sonny Liston pada 1964. Petinju berjulukan The Greatest alias Yang Terhebat itu selanjutnya menjadi petinju pertama yang merebut gelar juara dunia kelas berat tiga kali.

Ali pensiun pada 1981. Dia memenangi 56 dari 61 pertarungan yang dijalani sepanjang karir profesional.

Diduga akibat banyak menerima pukulan sepanjang karier, Ali mengidap penyakit Parkinson. Dalam beberapa tahun terakhir, dia jarang terlihat muncul di hadapan publik. Bahkan, dia dua kali masuk rumah sakit sejak 2014 karena penyakit berbeda, pneumonia dan infeksi saluran kencing.

Menurut keterangan pihak keluarga, Muhammad Ali akan dimakamkan di tanah kelahirannya di Louisville, Kentucky, Amerika Serikat.

 

Video Populer

Foto Populer