Sukses


Fakta Menarik di Balik Keberhasilan Cavaliers Jadi Juara NBA

Bola.com, Oakland - Penantian panjang Cleveland Cavaliers untuk jadi juara NBA akhirnya tuntas. Lewat perjuangan ekstra keras plus semangat pantang menyerah, Cavaliers sukses merebut titel NBA 2016 dengan mengalahkan sang juara bertahan Golden State Warriors dalam tujuh gim.

Cavaliers menaklukkan Warriors 93-89 pada laga penentuan di Oracle Arena, Oakland, AS, Minggu (19/6/2016) atau Senin (20/6/2016) WIB. LeBron James menjadi pahlawan kemenangan Cavaliers dengan mencetak triple-double lewat raihan 27 poin, 11 rebound, dan 11 assist.

Berkat penampilan luar biasa sepanjang Final NBA, King James pun dinobatkan sebagai MVP Final. Bintang Warriors sekaligus MVP NBA bertahan, Stephen Curry, tak mampu membendung dominasi King James.

Keberhasilan Cavaliers meraih titel NBA 2016 menciptakan banyak fakta menarik. Berikut beberapa di antaranya:

- Cleveland Cavaliers menjadi tim pertama yang memenangi Final NBA setelah tertinggal 1-3. Sebanyak 32 tim sebelumnya yang tertinggal 1-3 selalu kalah.

- Cleveland Cavaliers meraih titel NBA pertama sepanjang sejarah tim sekaligus mengakhiri penantian selama 52 tahun kota Cleveland akan gelar pada kompetisi olah raga profesional.

- Cleveland Cavaliers menjadi tim pertama yang memenangi Gim 7 Final NBA di kandang lawan sejak Washington Bullets pada 1978 atau yang keempat sepanjang sejarah.

- LeBron James menyamai pencapaian Tim Duncan, Magic Johnson, dan Shaquille O'Neal yang meraih tiga MVP Final. King James hanya kalah dari Michael Jordan yang sudah mengoleksi enam MVP Final.

- LeBron James menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang unggul dalam lima kategori (poin, rebound, assist, steal, dan blok) di final NBA. Pada final NBA 2016, King James rata-rata mencetak 29,7 poin, 11,3 rebound, 8,9 assist, 2,6 steal, dan 2,3 blok.

- LeBron James menjadi pemain pertama sepanjang sejarah yang unggul dalam lima kategori (poin, rebound, assist, steal, dan blok) di playoff. Sepanjang playoff NBA 2016, King James total mencetak 208 poin, 79 rebound, 62 assist, 18 steal, dan 16 blok. 

- LeBron James sejajar dengan Michael Jordan, Bill Russell, dan Kareem Abdul-Jabbar sebagai pemain yang memenangi tiga titel dan meraih empat MVP NBA.

- LeBron James menyamai pencapaian Kareem Abdul-Jabbar sebagai pemain yang memenangi MVP Final bersama lebih dari satu tim. Sebelumnya King James mendapat penghargaan itu saat jadi juara bareng Miami Heat pada 2012 dan 2013.

- Dengan mencetak 27 poin, 11 assist, dan 11 rebound, LeBron James menjadi pemain ketiga yang membukukan triple-double pada Gim 7 Final NBA setelah James Worthy (Los Angeles Lakers) pada 1988 dan Jerry West (Los Angeles Lakers) pada 1969. King James total sudah mencetak tujuh triple-double di Final NBA. Dia hanya kalah dari Magic Johnson yang sudah membuat delapan triple-double.

- Tyronn Lue menjadi pelatih ketiga yang meraih titel NBA setelah menjadi pelatih pada tengah musim. Dua pelatih lain adalah Pat Riley (1982 dan 2006) dan Paul Westhead (1980).

- Kyrie Irving dan LeBron James lima kali membukukan minimal 25 poin pada Final NBA 2016. Mereka menjadi pasangan kedua yang melakukannya di Final NBA setelah Jerry West dan Elgin Baylor pada 1962 dan 1963.

- Gim 7 menandai kekalahan ketiga Golden State Warriors di kandang sepanjang playoff NBA 2016. Mereka cuma kalah dua kali di kandang sepanjang musim reguler.

- Golden State Warriors kalah sembilan kali di postseason atau sama dengan jumlah kekalahan mereka sepanjang musim reguler.

- Stephen Curry menjadi MVP NBA bertahan kedua yang kalah di kandang pada Gim 7 Final NBA setelah Kareem Abdul-Jabbar (kalah dari Boston Celtics pada 1974).

- Draymond Green menyamai rekor Shane Battier pada 2013 dengan memasukkan enam tembakan tiga angka pada Gim 7 Final NBA.

Video Populer

Foto Populer