Sukses


FP3 MotoGP Assen: Dovizioso Tercepat, Marquez Ungguli Rossi

Bola.com, Assen - Pebalap Ducati, Andrea Dovizioso, menjadi yang tercepat pada sesi latihan bebas ketiga (FP3) MotoGP Assen, Sabtu (25/6/2016). Dia menorehkan waktu lap tercepat 1 menit 33,308 detik.

Dia unggul 0,028 detik atas Marquez yang menempati posisi kedua. Sementara tempat ketiga diisi pebalap Suzuki, Maverick Vinales, dengan selisih 0,062 detik dari Dovizioso.

Pebalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi, sempat menjadi pebalap tercepat pada FP3 ini. Namun, pada akhir sesi latihan, dia harus puas di posisi keempat. Hasil buruk justru diraih rekan tim Rossi, Jorge Lorenzo, yang hanya menempati posisi ke-10.

Nasib apes sudah dialami Lorenzo pada awal FP3. Pebalap asal Spanyol ini terjatuh pada tikungan ketujuh. Namun, dia tak mengalami cedera parah dan bisa berjalan menuju garasi Yamaha.

Pebalap Ducati, Andrea Iannone, memperlihatkan kecepatannya pada awal sesi latihan. Dia mampu menorehkan waktu tercepat 1 menit 33,591 detik. Pebalap Italia ini unggul atas Rossi dan Marquez yang ada di posisi kedua dan ketiga.

Tikungan ketujuh menjadi titik berbahaya. Setelah Lorenzo, giliran Pol Espargaro yang tergelincir di tikungan tersebut. Meski demikian, Espargaro tampak terlihat baik-baik saja.

Marquez nyaris menjadi korban keganasan trek Sirkuit Assen. Beruntung, pebalap asal Spanyol tersebut masih mampu mengendalikan motor dan melanjutkan latihan. 

Sementara itu, setelah mengalami kecelakaan, Lorenzo akhirnya kembali ke lintasan untuk melanjutkan sesi latihan. "Jorge mengalami memar pada siku dan bahu, tapi dia baik-baik saja," ujar direktur Movistar Yamaha, Massimo Meregalli, seperti dikutip akun Twitter resmi Movistar Yamaha.

Jelang akhir FP3, Sirkuit Assen kembali menunjukkan keganasannya. Kali ini pebalap yang jadi korban adalah Eugene Laverty dan Michelle Pirro. Keduanya berakhir di gravel.


Saat FP3 tersisa kurang dari 4 menit, Rossi melesat dengan torehan waktu 1 menit 33,563 detik. Pebalap asal Italia itu kembali mempertajam catatan waktunya menjadi 1 menit 33,408 detik beberapa saat kemudian.

Namun, kejutan dibuat Vinales. Pebalap Suzuki itu mampu menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 33,370 detik saat FP3 tersisa satu menit. 

Sayangnya itu tak berlangsung lama. Marquez mematahkan catatan waktu Vinales, 30 detik kemudian. The Baby Alien menorehkan waktu 1 menit 33,336 detik.

Meski demikian, Marquez gagal menjadi pebalap tercepat pada FP3 MotoGP Assen. Adalah Dovizioso yang mampu menjadi pebalap tercepat dengan torehan waktu 1 menit 33,308 detik. Waktu ini dia buat saat bendera tanda FP3 berakhir telah dikibarkan.

Video Populer

Foto Populer