Sukses


GP Hungaria: Rosberg Start Terdepan, Rio di Belakang Wehrlein

Bola.com, Budapest - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, harus berjuang keras meraih hasil apik pada balapan F1 GP Hungaria setelah hanya menempati start paling belakang alias posisi ke-22 pada sesi kualifikasi di Sirkuit Hungaroring, Sabtu (23/7/2016). Rio mencatat waktu lap 1 menit 50,189 detik, kalah dari rekan setimnya Pascal Wehrlein, yang akan mengawali balapan tepat di depannya.

Pole position pada balapan GP Hungaria diamankan oleh pebalap Mercedes, Nico Rosberg, dengan catatan waktu lap terbaik 1 menit 33,302 detik. Dia mengungguii rekan setimnya, Lewis Hamilton dan pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo, yang akan start di posisi kedua dan ketiga. Hamilton membukukan waktu lap terbaik 1 menit 34,210 detik, sedangkan Ricciardo terpaut agak jauh, dengan mengukir waktu lap 1 menit 39,968 detik. Urutan start keempat dan kelima ditempati Max Verstappen (Red Bull) dan Sebastian Vettel (Ferrari).  

Sesi kualifikasi GP Hungaria sempat ditunda karena hujan deras mengguyur Sirkuit Hungaroring. Namun, 10 menit berselang, belum ada tanda-tanda hujan mereda. Buntutnya, kualifikasi kembali ditunda selama 10 menit.

Pada pukul 19.20 WIB, sesi kualifikasi pertama (Q1) akhirnya dimulai. Namun, baru lima menit berjalan, bendera merah kembali berkibar. Kali ini, sesi kualifikasi harus dihentikan sementara karena pebalap Suaber, Marcus Ericsson, menabrak dinding pembatas trek di Tikungan 10. 

Setelah problem yang menimpa Ericsson selesai, kualifikasi dilanjutkan. Tak berapa lama, kualifikasi kembali dihentikan karena Felipe Massa off. Drama pada sesi kualifikasi kembali terjadi. Giliran Rio Haryanto harus off di Tikungan 10 dan menabrak dinding pembatas. Berselang beberapa menit, sesi kualifikasi pertama berakhir. Total, sesi ini diinterupsi bendera merah sebanyak empat kali. 

Enam pebalap terelimanasi pada sesi ini. Yang pertama tereliminasi adalah Rio, disusul rekan setimnya, Pascal Wehrlein, serta Marcus Ericsson (Sauber), Kevin Magnussen (Renault), Felipe Massa (Williams), dan Jolyon Palmer (Renault). 

Memasuki sesi kualifikasi kedua (Q2), matahari mulai bersinar terik di Sirkuit Hungaroring. Trek pun mengering dengan cepat. Enam pebalap kembali terelimanasi, yaitu Felipe Nasr (Sauber), Esteban Gutierrez (Haas), Kimi Raikkonen (Ferrari), Sergio Perez (Force India), Daniil Kvyat (Toro Rosso), dan Romain Grosjean (Haas). 

Pada kualifikasi ketiga, 10 pebalap harus bersaing ketat. Tapi lagi-lagi Mercedes mendominasi. Mereka pun berhasil membukukan start satu-dua, melalui Nico Rosberg dan Hamilton. 

Video Populer

Foto Populer