Sukses


Vandoorne Disebut Bakal Gantikan Rio, Ini Komentar McLaren

Bola.com, Budapest - Ketidakpastian nasib Rio Haryanto memicu spekulasi beberapa pebalap siap menggantikan posisi pria Indonesia itu di Manor Racing. Salah satu nama yang santer disebut adalah pebalap cadangan McLaren, Stoffel Vandoorne.

Nama Vandoorne mencuat sebagai calon pengganti Rio bersama pebalap lainnya seperti Alexander Rossi dan Jordan King. Dari ketiga nama tersebut, Vandoorne paling diunggulkan. Selain berstatus sebagai pebalap cadangan McLaren dan juara GP2 2015, dia juga mampu tampil kompetitif di ajang Formula 1 (F1).

Hal itu dibuktikan Stoffel Vandoorne saat langsung meraih poin pada debutnya di GP Bahrain pada awal April. Mengganti pebalap utama, McLaren, Fernando Alonso, yang dinyatakan tidak fit seusai mengalami kecelakaan di GP Australia, Vandoorne berhasil mencuri perhatian dengan finis di urutan ke-10. Itu merupakan satu-satunya penampilan Vandoorne di balapan F1 musim 2016.

Kabar Vandoorne bakal digaet Manor untuk menggantikan Rio, direspons oleh McLaren. Tim yang bermarkas di Woking tersebut dengan tegas membantah rumor itu. 

"Seperti yang dikatakan Ron (Dennis), Stoffel merupakan bagian keluarga McLaren. Meski demikian, kami tidak terkejut tim-tim Formula 1 (F1) tertarik terhadapnya, karena dia sangat bertalenta dan punya kemampuan," ujar pernyataan resmi McLaren, seperti dlansir Fox Sports Asia, Selasa (26/7/2016). 

"Tapi ini hanya rumor, tidak lebih," imbuh pernyataan tersebut. 

Nasib Rio Haryanto di Manor masih simpang siur karena belum melunasi pembayaran senilai 7 juta euro untuk jaminan membalap hingga akhir musim. Hingga saat ini, manajemen Rio baru membayar ke Manor senilai 8 juta euro dari total 15 juta euro yang disepakati. Dengan hanya menyetorkan 8 juta euro, pebalap berusia 23 tahun itu hanya bisa membalap hingga seri ke-11 atau GP Hungaria.

Usai GP Hungaria, Manor telah memastikan Rio bakal tampil di GP Jerman pada akhir pekan ini. Namun, partisipasi di GP Jerman tak otomatis menjamin nasib Rio bakal aman hingga akhir musim ini.   

 

Video Populer

Foto Populer