Sukses


Race Director MotoGP Nilai Manuver Rossi kepada Lorenzo Wajar

Bola.com, Misano - Race Director MotoGP, Mike Webb, ikut buka suara terkait insiden yang melibatkan Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo pada balapan MotoGP San Marino, akhir pekan lalu. Webb menilai manuver Rossi kepada Lorenzo pada fase awal lomba tak melanggar peraturan.

Sumber kontroversi yang mencuat di Misano adalah aksi Rossi saat menyalip Lorenzo di tikungan 14 pada lap kedua. Kejadian itu memicu perang kata-kata antara Rossi dan Lorenzo pada konferensi pers selepas balapan.

Lorenzo menganggap Rossi melakukan aksi overtaking yang kelewat agresif dan membahayakan. Dianggap pebalap kotor, Rossi pun membela diri dan membantah argumen rekan setimnya di Yamaha itu.

Mike Webb yang sudah menganalisis duel Rossi dengan Lorenzo akhirnya memberikan pernyataan. Menurut Webb, manuver Rossi sah dilakukan. Dia pun membandingkan insiden tersebut dengan aksi Dani Pedrosa saat menyalip Rossi untuk memimpin lomba dan meraih kemenangan di fase akhir lomba.

"Kedua manuver itu normal. Pada kejadian terpisah itu, kedua pebalap yang menyalip mengambil sisi dalam tikungan sehingga rider lain tak bisa masuk karena ada motor lain. Jadi, tak ada masalah dengan aksi overtaking itu," kata Webb kepada Marca.

"Kasusnya berbeda jika pebalap memotong jalur dan menyenggol motor rider lain. Namun, menyalip dari sisi dalam adalah hal yang normal dilakukan dalam balapan," ujar Webb.

Webb juga menepis anggapan trek yang sempit membuat aksi overtaking di Misano terlihat agresif. Dari sudut pandangnya, tikungan tempat Rossi dan Pedrosa melakukan manuver memang lebih memungkinkan untuk menyalip ketimbang di tikungan lain.

"Semua manuver yang diperdebatkan (Rossi kepada Lorenzo dan Pedrosa kepada Rossi) terjadi di tikungan sempit karena tempat itu memang mudah untuk melakukan overtaking. Jadi, wajar jika mereka melakukannya di tikungan tersebut. Lebih penting lagi, tak ada masalah dengan manuver yang terjadi di sana," tutur Webb.

Video Populer

Foto Populer