Sukses


Ayah Lewis Hamilton Ikut Prihatin Nasib Rio Haryanto

Bola.com, London - Anthony Hamilton, ayah dari tiga kali peraih gelar juara dunia F1, Lewis Hamilton, ikut prihatin akan nasib pebalap Indonesia, Rio Haryanto, yang kehilangan status sebagai pebalap utama Manor Racing karena masalah finansial.

Kiprah Rio di lomba jet darat harus berakhir di tengah jalan akibat tak mampu melunasi sejumlah uang yang harus dibayarkan kepada Manor untuk membalap semusim penuh. Posisi pebalap berusia 23 tahun itu digantikan pebalap Prancis, Esteban Ocon, yang mendapat dukungan dari Mercedes.

Situasi yang menimpa Rio membuat Anthony angkat bicara. Dia mengkritik F1 yang kini lebih memprioritaskan pebalap kaya

Menurut Anthony, lomba jet darat semakin mahal. Akibatnya, banyak pebalap berbakat harus melupakan mimpi tampil di F1 karena tak punya dana.

"Balap mobil masih dipandang sebagai olahraga mahal yang hanya bisa dijangkau oleh orang-orang kaya. Hal itu membuat banyak pebalap bertalenta terpaksa mengubur impian tampil di F1," kata Anthony seperti dikutip dari espn.uol.com.br.

"Untuk kasus Lewis, kami beruntung karena bakatnya dicium oleh Ron Dennis (Bos McLaren) dan Mercedes. Jika biaya untuk masuk F1 terus meningkat, saya rasa Lewis akan menjadi pebalap terakhir yang masuk sebagai profesional. F1 harus menemukan solusi terkait masalah ini," ujar Anthony.

Lebih jauh lagi, Anthony mengkritik model pemilihan pebalap yang dilakukan oleh beberapa tim F1 yang dianggapnya lebih mementingkan faktor uang daripada talenta.

"Di ajang balap level bawah, banyak pebalap berstatus juara, tapi tak punya dana untuk ke F1. Karena itu, sekarang sudah waktunya untuk membuat semacam regulasi guna memastikan pebalap yang telah membuktikan diri sebagai juara di kejuaraan balap di bawah F1 bisa mendapat jaminan masuk ke F1," kata Anthony.

Sebelum tampil di F1 pada 2016, Rio Haryanto sempat berkiprah selama empat musim di ajang GP2 Series. Di ajang balap yang satu tingkat di bawah F1 itu, Rio mengoleksi tiga kemenangan plus empat kali naik podium.

Video Populer

Foto Populer