Sukses


FP1 GP Jepang: Rosberg Gemilang, Hamilton Posisi Kedua

Bola.com, Suzuka - Pebalap Mercedes, Nico Rosberg, tampil gemilang mengungguli rekan setimnya, Lewis Hamilton, pada sesi latihan bebas pertama (FP1) F1 GP Jepang di Sirkuit Suzuka, Jumat (7/10/2016). Rosberg mengukir waktu lap tercepat 1 menit 32,431 detik. 

Catatan waktu yang dibukukan Rosberg lebih cepat 0,215 detik dibanding Hamilton. Ini menjadi modal sempurna bagi Rosberg untuk memuluskan misinya terus menjauh dari kejaran sang rekan di klasemen sementara musim ini. Saat ini, Rosberg unggul 23 poin atas seteru beratnya tersebut.

Posisi ketiga pada sesi FP1 ini ditempati oleh pebalap Ferrari, Sebastian Vettel. Sedangkan driver Ferrari lainnya, Kimi Raikkonen, bercokol di posisi keempat, mengungguli duo pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo dan Max Verstappen.

Komposisi 10 besar pada sesi ini dilengkapi oleh Nico Hulkenberg, Sergio Perez, Fernando Alonso dan Valtteri Bottas. Adapun posisi paling belakang ditempati oleh pebalap Renaul, Jolyon Palmer.

Jalannya Latihan Bebas 

Pada sesi awal latihan bebas, Sergio Perez, Fernando Alonso, dan Romain Grosjean membukukan catatan waktu lap tercepat. Namun, komposisi tersebut tak bertahan lama. Mobil McLaren yang digeber Alonso melintir dan menabrak dinding pembatas. Akibatnya, sayap depan mobilnya patah. 

Memasuki satu jam sesi latihan bebas, komposisi pebalap tercepat sudah dikuasai tim-tim papan atas. Rosberg memimpin di posisi teratas dengan catatan waktu 1 menit 33,751 detik. Dia mengungguli rekan setimnya, Hamilton, dengan margin 0,216 detik. Sedangkan posisi ketiga dan keempat ditempati duo Ferrari, Kimi Raikkonen dan Sebastian Vettel. 

Perez yang sempat melesat pada awal sesi FP1, menduduki posisi kelima, mengungguli rekan setimnya, Nico Hulkenberg dan pebalap Red Bull, Max Verstappen. 

Tak lama berselang, Vettel mampu merangsek ke urutan ketiga, sedangkan posisi keempat dan kelima diisi Hulkenberg dan Raikkonen. Perez dan pebalap Red Bull, Daniel Ricciardo berada di posisi keenam dan ketujuh.

Sepuluh menit menjelang bubaran, duo Mercedes, Rosberg dan Hamilton, tetap tak tergoyahkan di posisi teratas. Sedangkan duo Ferrari, Vettel dan Raikkonen, berada di posisi ketiga dan keempat. Adapun dua pebalap Red Bull, Ricciardo dan Verstappen, berada di urutan kelima dan keenam. 

Posisi buncit ditempati pebalap Renault, Jolyon Palmer. Dia kalah cepat dari duo Manor Racing, Esteban Ocon dan Pascal Wehrlein yang berada di posisi ke-20 dan 21. Komposisi ini tak banyak berubah hingga sesi latihan bebas pertama di Sirkuit Suzuka berakhir. 

Video Populer

Foto Populer