Sukses


Marquez dan 6 Rekor Fantastis Usai Juara Dunia MotoGP 2016

Bola.com, Motegi - Marc Marquez bersuka cita di Sirkuit Motegi, Minggu (16/10/2016), seusai memastikan torehan gelar juara dunia MotoGP 2016. Keberhasilan tersebut bukan hanya menegaskan superioritas Marquez sepanjang musim ini, tapi juga menambah panjang daftar rekor fantastisnya sepanjang berkiprah di ajang balap Motor.

 

Ini merupakan gelar juara dunia ketiga bagi Marquez di kelas MotoGP atau kelima di berbagai kelas (sekali di kelas 125cc dan sekali di Moto2). Prestasi tersebut bisa dibilang sangat luar biasa karena Baby Alien baru berusia 23 tahun.

Dia menjadi pebalap termuda yang mampu memenangi tiga titel juara dunia di kelas premier. Bahkan, untuk urusan ini dia mampu mengalahkan sang legenda hidup MotoGP, Valentino Rossi. 

Rekor fantastis apa lagi yang sudah diukir pebalap asal Spanyol tersebut?

Berikut 6 rekor fantastis Marquez sepanjang kariernya di ajang balap motor yang dirangkum dari berbagai sumber:         

1. Marc Marquez adalah pebalap termuda yang berhasil memenangi tiga gelar juara dunia di kelas utama, yaitu pada usia 23 tahun 242 hari. Dia mematahkan rekor Mike Hailwood yang mencatat prestasi serupa pada usia 24 tahun 108 hari saat memenangi titel juara dunia 500cc untuk tiga kali beruntun pada 1964. Posisi ketiga dalam kategori ini ditempati oleh Valentino Rossi. 

2. Marquez juga menjadi pebalap termuda yang meraih milestone merengkuh lima titel juara dunia di berbagai kelas. Baby Alien mengambil rekor tersebut dari tangan Valentino Rossi yang berusia 24 tahun 238 hari saat memenangi titel yang kelima pada musim 2003.  

2 dari 2 halaman

1

3. Marc Marquez merengkuh tiga gelar juara dunia MotoGP bersama Honda. Dia menyamai jumlah gelar kelas premier yang ditorehkan Rossi untuk Honda (satu kali di kelas 500cc dan dua kali saat MotoGP). Satu-satunya rider yang lebih banyak memenangi titel kelas premier bersama Honda dibanding keduanya, adalah Mick Doohan. Pria Australia tersebut lima kali menjadi juara dunia 500cc bersama Honda.   

4. Dengan keberhasilan merebut titel juara dunia untuk kali kelima, Marquez berhasil menyamai prestasi rekan sesama Spanyol, Jorge Lorenzo. Satu-satunya pebalap Spanyol yang jumlah gelarnya melampui Marquez dan Lorenzo hanya Angel Nieto. Dia mengoleksi 13 gelar juara dunia, yaitu tujuh kali di kelas 125cc dan enam kali di kelas 500cc.    

5. Dengan kemenangan di MotoGP Jepang, Marquez rata-rata mampu menjuarai lima seri tiap musim dalam tujuh tahun terakhir (di semua kelas grand prix). Sepanjang sejarah 68 tahun balapan motor dunia, prestasi serupa hanya mampu dibukukan oleh dua pebalap: Giacomo Agostini dan Hailwood.

6. Sepanjang MotoGP 2016, Marquez mengukir paling banyak kemenangan dibanding pebalap lain di kelas MotoGP (lima kali), paling banyak naik podium (11 kali), dan paling sering meraih pole position (enam kali).  

 

Video Populer

Foto Populer