Sukses


7 Tim F1 yang Bisa Saja Diperkuat Rio Haryanto

Bola.com, Jakarta - Pebalap asal Indonesia, Rio Haryanto, berambisi untuk kembali membalap pada ajang F1 musim depan. Saat ini, ada tujuh tim yang masih mencari pebalap baru.

Dari beberapa tim yang tersedia, peluang Rio ada yang besar, namun tak sedikit pula yang terbilang sangat mustahil. Sebut saja Toro Rosso dan Williams.  

Kedua tim itu dikabarkan sudah mempunyai pebalap bidikan sejak lama. Meski demikian, peluang Rio tentu belum tertutup sepenuhnya.

Sementara untuk tim seperti Manor Racing dan Sauber F1, peluang Rio bisa dikatakan sangat besar. Kedua tim itu masih membuka pintu untuk pay driver.

Lantas bagaimana peluang Rio Haryanto untuk membela Haas F1, Renault, dan Force India? Semuanya mungkin sulit, tapi tidak menutup kemungkinan pebalap berusia 23 tahun itu bergabung ke salah satunya. 

Berikut ini tujuh tim yang masih mungkin diperkuat Rio Haryanto pada F1 2017 versi Bola.com:

2 dari 8 halaman

Haas F1

Haas F1 Team

Tim Haas belum mengumumkan secara resmi siapa pebalap yang mereka pakai pada F1 2017. Namun, satu tempat kabarnya sudah disiapkan untuk Romain Grosjean.

Pebalap asal Prancis itu dinilai tampil bagus pada musim ini. Dia sudah empat kali menyumbang poin buat Haas.

Satu tempat lagi masih menjadi rebutan beberapa pebalap. Untuk mengisi posisi ini, Rio Haryanto akan bersaing dengan Esteban Gutierrez dan Charles Leclerc.

3 dari 8 halaman

Manor Racing

Manor Racing Team

Manor Racing merupakan tim yang pernah diperkuat Rio Haryanto pada paruh musim pertama F1 2016. Namun, dia akhirnya digantikan Esteban Ocon karena tak mampu memenuhi kewajiban menyetor sejumlah uang kepada tim asal Inggris itu.

Pada musim depan, Manor kemungkinan besar bakal ditinggal Pascal Wehrlein dan Ocon. Kedua pebalap ini belakangan dikaitkan dengan beberapa tim F1 lainnya.

Peluang Rio untuk kembali memperkuat Manor sebenarnya sangat terbuka. Namun, yang jadi masalah, Pertamina selaku sponsor Rio berharap sang pebalap dapat memperkuat tim yang lebih kompetitif.

4 dari 8 halaman

Renault

Renault F1

Renault F1 baru saja memperkenalkan pebalap baru mereka untuk F1 2017. Nico Hulkenberg secara resmi digaet dari Force India.

Sementara satu tempat lagi masih menjadi tanda tanya. Renault hanya memberikan sinyal bakal merekrut pebalap yang mempunyai ambisi sama dengan tim, yaitu meraih podium, minimal poin.

Kevin Magnussen dan Joylon Palmer disebut-sebut sebagai kandidat kuat. Namun, Renault kabarnya juga melirik beberapa pebalap lain.

Selain Rio Haryanto, pebalap yang juga berpeluang menjadi tandem Hulkenberg adalah Valtteri Bottas, Pascal Wehrlein, Daniil Kvyat, dan Esteban Ocon.

5 dari 8 halaman

Sauber F1

Sauber F1

Sama seperti Manor Racing, tim Sauber juga belum mengonfirmasi pebalap yang bakal mereka pilih untuk F1 2017.

Rio Haryanto sebenarnya berpeluang besar untuk memperkuat Sauber. Beberapa waktu lalu, bos Sauber menyatakan tetap akan memakai pay driver.

Untuk tim ini, Rio bakal bersaing dengan Marcus Ericsson dan Felipe Nasr. Bahkan, Ericsson disebut-sebut sebagai calon kuat karena memiliki kedekatan dengan pemilik baru Sauber, Pascal Picci, CEO Longbow Finance S.A.

6 dari 8 halaman

Williams

Williams

Hingga saat ini Williams belum menentukan komposisi pebalap untuk F1 2017. Yang pasti, Felipe Massa tak akan lagi membalap karena sudah memutuskan pensiun.

Masa depan Valtteri Bottas juga masih tanda tanya. Pebalap asal Finlandia ini dikabarkan juga masuk dalam radar beberapa tim F1 lainnya.

Belakangan muncul isu Williams sudah memilih Lance Stroll sebagai calon pebalap baru mereka. Pengumuman resmi soal ini tinggal menghitung hari.

Satu tempat lagi bisa saja diperebutkan Rio Haryanto. Namun, peluang ini terbilang berat karena Williams juga melirik Alex Lynn dan kemungkinan bakal mempertahankan Bottas jika sang pebalap tak jadi pindah.

7 dari 8 halaman

Toro Rosso

Toro Rosso

Toro Rosso baru memastikan satu tempat untuk Carlos Sainz Jr. Itu artinya masih ada satu tempat yang bisa direbut Rio Haryanto.

Tapi, tentu itu akan sulit terwujud. Ada dua kandidat kuat yang siap mengisi satu tempat di tim satelit Red Bull Racing tersebut.

Toro Rosso masih menimbang-nimbang apakah tetap mempertahankan Daniil Kvyat atau memakai jasa Pierre Gasly, pebalap masa depan Red Bull.

Tertutupkah peluang Rio membela Toro Rosso? Tidak. Namun yang pasti hampir mustahil untuk mewujudkannya.

8 dari 8 halaman

Force India

Force India

Force India sebenarnya sudah mengonfirmasi tetap mempertahankan duet musim ini, Sergio Perez dan Nico Hulkenberg. Namun, nama terakhir baru-baru ini memilih hijrah ke Renault.

Force India pun kini sibuk untuk mencari penggantinya. Sejumlah nama dikabarkan tengah digodok tim yang berbasis di Inggris itu.

Pascal Wehrlein diberitakan menjadi kandidat kuat. Bahkan, pebalap asal Jerman ini sudah bernegosiasi dengan Force India. Namun, peluang Rio Haryanto untuk memperkuat Force India juga tak tertutup. Masih ada celah yang bisa dimanfaatkan pebalap berusia 23 tahun itu.

Video Populer

Foto Populer