Sukses


F1 GP AS: Kalahkan Rosberg dan Duo Red Bull, Hamilton Rebut Pole

Bola.com, Austin - Pebalap Mercedes GP, Lewis Hamilton, merebut pole position setelah menjadi yang tercepat pada sesi kualifikasi F1 GP Amerika Serikat, Sabtu (22/10/2016) waktu setempat atau Minggu (23/10/2016) dini hari WIB.

Hamilton menorehkan waktu 1 menit 34,999 detik. Dia unggul dari rekan setimnya, Nico Rosberg, yang mencatatkan waktu 1 menit 35,215 detik.

Posisi ketiga dan keempat ditempati dua pebalap Red Bull Racing. Daniel Ricciardo ada di posisi ketiga dengan 1 menit 35,509 detik. Sedangkan Max Verstappen menorehkan waktu lap 1 menit 35,747 detik.

Pada kualifikasi pertama (Q1), dua pebalap Manor Racing, Pascal Wehrlein dan Esteban Ocon, memperlihatkan kecepatan mereka. Keduanya menempati posisi pertama dan kedua berdasarkan speed trap.

Namun, itu tak menjamin keduanya lolos ke kualifikasi kedua (Q2). Wehrlein dan Ocon termasuk dalam enam pebalap yang tersingkir pada Q1.

Yang mengejutkan, pebalap McLaren, Jenson Button, termasuk yang tereleminasi bersama dengan Romain Grosjean, Kevin Magnussen, dan Felipe Nasr.

Kejutan kembali terjadi pada Q2. Fernando Alonso (McLaren) dan Daniil Kvyat (Toro Rosso) gagal lolos. Sementara Nico Hulkenberg (Force India) mampu menempati posisi keenam.

Selain Alonso dan Kvyat, pebalap yang juga tersingkir adalah Sergio Perez (Force India), Esteban Gutirrez (Haas F1), Joylon Palmer (Renault), dan Marcus Ericsson (Sauber).

Pada Q2, Ricciardo menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 36,255 detik. Dia unggul 0,096 detik atas Rosberg yang ada di posisi kedua.


Seperti yang sudah diprediksi, terjadi persaingan sengit antara Hamilton dan Rosberg pada kualifikasi ketiga (Q3). Keduanya saling mematahkan catatan waktu lap terbaik mereka.

Saat Q3 sudah setengah jalan, Hamilton menjadi yang tercepat 1 menit 35,370 detik. Dia unggul 0,072 detik dari Rosberg yang ada di posisi kedua. Sementara duo Red Bull menempati posisi ketiga dan keempat.

Pada kesempatan terakhirnya, Rosberg mampu menjadi yang tercepat dengan torehan waktu 1 menit 35,215. Namun, pole position menjadi milik Hamilton yang mencatatkan waktu lap terbaik 1 menit 34,999 detik.

Video Populer

Foto Populer