Sukses


MotoGP Australia: Crutchlow Juara, Rossi Brilian, Marquez Jatuh

Bola.com, Phillip Island - Pebalap LCR Honda, Cal Crutchlow, berhasil menjuarai balapan MotoGP Australia di Phillip Island, Minggu (23/10/2016). Ini menjadi kemenangan kedua Crutchlow pada musim 2016 setelah di Brno, Rep. Ceska, 21 Agustus 2016.

Crutchlow mengalahkan Valentino Rossi (Movistar Yamaha) yang secara brilian finis kedua setelah start dari posisi ke-15. Posisi terakhir di podium menjadi milik rider Suzuki, Maverick Vinales. Sementara itu, Marc Marquez (Repsol Honda) gagal finis akibat terjatuh saat sedang memimpin lomba.

Keberhasilan Crutchlow naik podium teratas di Phillip island menandai kemenangan pertama rider tim satelit pada balapan kering MotoGP sejak 2006.

Crutchlow juga menjadi pebalap Inggris pertama yang juara di Australia dan dua kali menang dalam semusim sejak Barry Sheene pada 1979.

Jalannya Balapan

Balapan MotoGP Australia berlangsung dalam cuaca cerah. Marc Marquez start dari pole position. Cal Crutchlow dan Pol Espargaro menemani Marquez memulai balapan dari grid terdepan.

Duo Movistar Yamaha, Jorge Lorenzo dan Valentino Rossi, memulai balapan agak jauh di belakang. Lorenzo start di posisi ke-12, sedangkan Rossi dari grid ke-15 alias baris kelima.

Sementara itu, Maverick Vinales start dari posisi ke-13. Jack Miller memulai lomba dari posisi kelima, sedangkan Nicky Hayden start di grid ketujuh.

Pol Espargaro melakukan start dengan baik. Dia langsung melesat ke depan diikuti Marquez dan Crutchlow. Namun, tak lama berselang Marquez kembali menyalip Espargaro untuk memimpin balapan selepas lap pertama.

Di sisi lain, Lorenzo naik ke posisi kedelapan dan Rossi ada di peringkat ke-14. Vinales juga naik dua posisi ke peringkat ke-11.

Rossi terus merangkak naik. Pada lap ketiga, Rossi sudah berada di posisi keenam di depan Lorenzo.

Di depan, Crutchlow berduel dengan Espargaro bersaudara, Pol dan Aleix, untuk memperebutkan posisi kedua. Tak lama, Rossi dan Andrea Dovizioso juga ikut memanaskan persaingan.

Saat rider di belakang bertarung memperebutkan posisi, Marquez semakin jauh meninggalkan rival-rivalnya di depan.

Tiga lap berselang, Rossi menyalip Pol Espargaro untuk menembus lima besar. Setelah itu, giliran Dovizioso yang jadi korban Rossi dan harus merelakan posisi keempat kepada The Doctor. Pada saat yang sama, Marquez unggul 2,5 detik di depan Crutchlow yang menempati posisi kedua.

Aksi Rossi berlanjut pada lap kedelapan. Giliran Aleix Espargaro yang disalip Rossi. The Doctor pun naik ke posisi ketiga.

Tak lama berselang, petaka menghampiri Marquez. Jauh memimpin di depan, Marquez malah crash out pada tikungan 4 setelah ban depannya selip. Namun, Marquez langsung bangkit dan baik-baik saja meski motornya rusak.

Inilah untuk pertama kalinya Marquez gagal finis pada musim 2016. Kejadian ini merupakan ulangan edisi 2014. Kala itu, Marquez juga terjatuh saat sedang memimpin balapan MotoGP Australia setelah sepekan sebelumnya menyegel titel di Jepang.

Usai Marquez terjatuh, Crutchlow mendapat berkah dan berhak memimpin lomba. Dia unggul 1,9 detik di depan Rossi yang berada di posisi kedua dengan 16 lap tersisa. Peringkat ketiga ditempati Aleix Espargaro.

Crutchlow terus memperlebar jarak dengan Rossi. Saat 13 lap tersisa, keunggulannya atas Rossi sudah 2,4 detik. Di belakang, Vinales menyalip Pol Espargaro untuk merebut posisi kelima.

Saat balapan 12 lap lagi, Rossi mulai kesulitan dan membuat kesalahan. Motornya melebar pada tikungan 4 sehingga Crutchlow semakin menjauh, sementara di sisi lain Dovizioso, Aleix Espargaro, dan Vinales yang sedang memperebutkan posisi ketiga semakin mendekat.

Pada 10 lap terakhir, duel antara Dovizioso, Aleix Espargaro, dan Vinales untuk posisi terakhir di podium semakin memanas. Ketiganya bergantian saling menyusul. Di depan, Crutchlow sudah unggul lebih dari 5 detik di depan Rossi.

Pada lima lap menjelang balapan berakhir, Aleix Espargaro harus melupakan impian naik podium karena terjatuh saat berada di posisi ketiga. Aleix terjatuh pada tikungan 4.

Nicky Hayden juga terjatuh pada dua lap terakhir saat berada di posisi keenam karena bersenggolan dengan Jack Miller. Namun, dia bisa melanjutkan balapan dan finis ke-17.

Cal Crutchlow mampu mempertahankan posisi terdepan hingga finis pertama. Rossi juga demikian dan finis di posisi kedua. Vinales memenangi pertarungan dengan Dovizioso untuk merebut podium ketiga sekaligus yang pertama buat Suzuki di Australia sejak 2006.

Selepas MotoGP Australia, ronde berikutnya akan digelar di Sirkuit Sepang, Malaysia, pada 28-30 Oktober 2016.

Hasil Lengkap MotoGP Australia, Minggu (23/10/2016):

Posisi-Pebalap-Tim-Catatan Waktu/Selisih

1. Cal Crutchlow (LCR Honda) 40 menit 48,543 detik
2. Valentino Rossi (Movistar Yamaha) +4,218 detik
3. Maverick Vinales (Suzuki) +5,309 detik
4. Andrea Dovizioso (Ducati) +9,157 detik
5. Pol Espargaro (Yamaha Tech 3) +14,299 detik
6. Jorge Lorenzo (Movistar Yamaha) +20,125 detik
7. Scott Redding (Pramac Ducati) +28,369 detik
8. Bradley Smith (Yamaha Tech 3) +28,781 detik
9. Danilo Petrucci (Pramac Ducati) +28,792 detik
10. Jack Miller (Marc VDS Honda) +28,815 detik
11. Stefan Bradl (Aprilia) +31,809 detik
12. Alvaro Bautista (Aprilia) +47,734 detik
13. Yonny Hernandez (Aspar Ducati) +47,749 detik
14. Eugene Laverty (Aspar Ducati) +54,311 detik
15. Mike Jones (Avintia Ducati) +55,875 detik
16. Tito Rabat (Marc VDS Honda) +1 menit 06,395 detik
17. Nicky Hayden (Repsol Honda) +1 menit 22,604 detik

Gagal Finis

Hector Barbera (Ducati) 3 Lap
Aleix Espargaro (Suzuki) 5 Lap
Marc Marquez (Repsol Honda) 18 Lap
Loris Baz (Avintia Ducati) 0 Lap

Video Populer

Foto Populer