Sukses


F1 Jadi Prioritas Utama Rio Haryanto pada 2017

Bola.com, Austin - Pebalap Indonesia, Rio Haryanto, mengatakan prioritasnya pada 2017 adalah kembali membalap di F1. Dia mengaku tak memikirkan opsi berkiprah pada ajang balap lain.

Hal itu diungkapkan Rio dalam wawancara dengan editor F1 situs Motorsport edisi Belanda, Erwin Jaeggi, pada sela-sela pergelaran GP AS di Circuit of the Americas (COTA), Austin, Texas, AS, Minggu (23/10/2016).

"Prioritas saya saat ini adalah F1. Jadi, saya belum benar-benar melirik ajang balap lain. Saya akan tetap fokus untuk mendapat kesempatan membalap di F1 musim depan," kata Rio.

Rio hadir di Austin untuk menjalankan pekerjaannya sebagai pebalap cadangan Manor Racing. Dia harus selalu siap turun lintasan kapan saja jika ada pebalap utama Manor Racing yang berhalangan tampil.

Saat ditanya apakah dirinya bersedia kembali jadi pebalap cadangan pada tahun depan agar tetap berada di lingkungan F1, Rio dengan tegas menolak.

"Tidak, jadi pebalap cadangan bukan pilihan saya. Saya sangat ingin menjadi pebalap utama," ujar Rio.

Rio mencetak sejarah dengan menjadi pebalap Indonesia pertama yang berkiprah di F1 pada 2016 dan menjadi satu-satunya yang berasal dari Asia.

Namun, kiprah Rio sebagai pebalap utama harus berakhir di tengah musim akibat terkendala masalah finansial. Posisinya digantikan pebalap didikan Mercedes, Esteban Ocon.

Sembari mencari sponsor dan calon tim untuk F1 2017, Rio Haryanto menerima tawaran Manor Racing untuk menjadi pebalap cadangan. Dengan menjadi reserve driver, Rio masih bisa mempelajari banyak hal, baik soal mobil maupun strategi, serta mengikuti perkembangan yang terjadi di F1 secara langsung meski tak ikut balapan.

Video Populer

Foto Populer