Sukses


Marquez: MotoGP Tak Butuh Teknologi Dashboard Message

Bola.com, Sentul - Pebalap Repsol Honda, Marc Marquez, menilai penggunaan dashboard message tidak diperlukan pada balapan MotoGP. Menurutnya, hal yang terpenting adalah keselamatan para pebalap.

Marquez mengatakan hal ini tengah menjadi bahan diskusi para pebalap. Namun, secara pribadi, pebalap asal 23 tahun itu menilai regulasi baru tersebut tak diperlukan.

"Kami para pebalap sedang mendiskusikan wacana penggunaan teknologi dashboard message. Kalau saya pribadi menilai kami tidak butuh itu. Yang terpenting adalah keselamatan pebalap," kata Marquez dalam konferensi pers di Sirkuit Sentul, Bogor, Selasa (25/10/2016).

"Ketika orang mengirimkan banyak pesan, itu justru akan mengganggu dan bisa membahayakan Anda," tambah pebalap berusia 23 tahun tersebut.

Penggunaan dashboard message sudah diujicoba pada sesi latihan bebas MotoGP Jepang, beberapa waktu lalu, sebelum digunakan pada musim 2017.

Ketika itu, para pebalap mendapatkan pesan singkat dari kru tim di dashboard motor mereka terkait peringatan red flag, black flag, atau sinyal bahwa si pebalap terkena ride-through penalty.

Race Director MotoGP, Mike Webb, menegaskan teknologi ini tak sama dengan komunikasi radio F1. Dia memastikan pesan di dashboard akan dibuat sesederhana mungkin dengan aspek keselamatan sebagai pertimbangan utama.

Video Populer

Foto Populer