Sukses


Wehrlein Belum Resmi ke Sauber, Kans Rio Haryanto Masih Terbuka

Bola.com, Abu Dhabi - Sauber membantah rumor telah resmi merekrut pebalap Manor, Pascal Wehrlein, untuk F1 2017. Sanggahan tersebut membuat kans Rio Haryanto bergabung dengan Sauber tetap terbuka.

"Satu kursi kami masih belum terisi. Kami masih mempertimbangkan seluruh opsi yang ada dan belum membuat keputusan," kata Bos Sauber, Monisha Kaltenborn, pada konferensi pers khusus team principal di sela-sela F1 GP Abu Dhabi, seperti dikutip dari Speedweek, Sabtu (26/11/2016).

Bos Mercedes, Toto Wolff, juga menepis kabar yang menyebut Wehrlein sudah meneken kontrak dengan Sauber. "Kami memang sedang melakukan negosiasi dengan Manor dan Sauber, tapi sampai sekarang belum ada kesepakatan," ujarnya.

Wehrlein pun memberikan komentar yang sama. "Berita yang sekarang berseliweran di media itu sama sekali tidak benar," katanya.

Wehrlein belakangan gencar diisukan sebagai pebalap yang paling berpeluang merebut satu kursi tersisa di Sauber untuk menjadi rekan setim Marcus Ericsson pada 2017.

Fakta Sauber memakai mesin Ferrari dipercaya tak akan menjadi penghalang bagi Wehrlein yang berstatus sebagai pebalap junior Mercedes. Buktinya, pebalap junior Mercedes lain Esteban Ocon sempat dipinjamkan ke Renault pada awal musim 2016 sebelum bergabung dengan Manor pada paruh kedua musim sebagai pengganti Rio Haryanto.

Selain Wehrlein, ada tiga pebalap lain yang juga dikaitkan dengan Sauber. Mereka adalah Rio Haryanto, Esteban Gutierrez, dan pebalap Sauber musim ini Felipe Nasr.

Nasr baru saja mempersembahkan dua poin hasil finis kesembilan pada GP Brasil yang membuat Sauber menyalip Manor di klasemen konstruktor. Namun, kans Nasr bertahan di Sauber menipis karena kehilangan sponsor. Kaltenborn telah mengonfirmasikan bahwa sponsor utama Nasr, Banco do Brasil, tak akan meneruskan kerja sama pada 2017.

Gutierrez dan Rio masih berpeluang. Namun, Speedweek menilai kans Gutierrez paling kecil karena performanya kurang meyakinkan saat masih membela Sauber pada 2013-2014.

Kalau bisa mendapatkan sponsor, Rio Haryanto bisa menjadi kuda hitam. Hanya, Speedweek menyebut Sauber mungkin tak lagi mencari pay driver kalau finis di atas Manor pada akhir musim ini. Jika pintu ke Sauber tertutup, Rio masih bisa bergabung dengan Manor yang sampai saat ini belum mengumumkan komposisi pebalap untuk F1 2017.

Video Populer

Foto Populer