Sukses


6 Pebalap Kandidat Pengganti Nico Rosberg di Mercedes

Bola.com, Jakarta - Pebalap Mercedes GP, Nico Rosberg, membuat pengumuman mengejutkan selang lima hari dirinya memastikan diri menjadi juara dunia F1 2016. Dia memutuskan pensiun dari F1 setelah musim 2016 berakhir.

Rosberg mengaku sudah tak memiliki ambisi lagi di F1 setelah mewujudkan mimpi masa kecilnya menjadi juara dunia F1.

Keputusan pebalap berusia 31 tahun itu membuat Mercedes seperti kebakaran jenggot. Mereka kini dibuat pusing untuk mencari penggantinya.

Sejumlah pebalap papan atas dikabarkan sudah menghubungi bos Mercedes, Toto Wolff, untuk menawarkan diri. Sementara sejumlah pebalap muda Mercedes juga berharap bisa dipilih sebagai suksesor Rosberg.

Wolff mengaku tak akan terburu-buru dalam menentukan siapa yang bakal menjadi Nico Rosberg. Mereka akan menganalisis semua opsi yang ada.

Berikut ini enam pebalap yang berpotensi menggantikan Nico Rosberg di Mercedes versi Bola.com: 

2 dari 7 halaman

2

Pascal Wehrlein

Pebalap asal Jerman ini merupakan jebolan akademi Mercedes. Saat ini, Pascal Wehrlein belum memiliki tim untuk mengarungi F1 musim depan.

Wehrlein pun muncul sebagai kandidat setelah Nico Rosberg memutuskan pensiun dari F1. Dia dianggap cocok untuk mendampingi Lewis Hamilton.

Jika gagal ke Mercedes, Wehrlein masih berpeluang untuk tetap tampil di F1 musim depan. Masih ada tempat di Manor Racing dan Sauber.

Namun, dia harus bersaing dengan sejumlah pebalap yang juga mengincar posisi di dua tim tersebut. Di antaranya Rio Haryanto, Esteban Gutierrez, Felipe Nasr, dan Antonio Giovinazzi.

3 dari 7 halaman

3

Sebastian Vettel

Pebalap Ferrari, Sebastian Vettel, juga diberitakan menjadi kandidat pengganti Nico Rosberg di Mercedes. Bahkan, bos Mercedes, Toto Wolff, mengaku sudah mendapat telepon dari Vettel.

Tentunya ini menjadi hal yang menarik mengingat Vettel masih terikat kontrak dengan Ferrari. Apalagi pebalap asal Jerman itu sempat menolak dikaitkan dengan tim Panah Perak itu.

Wolff sendiri mengatakan tak tahu apakah Vettel benar-benar tertarik untuk berganti tim. Namun, yang pasti mantan pebalap Red Bull Racing itu sudah menghubunginya.

"Saya tak ingin mengganggu urusan internal Ferrari, dan saya tak tahu apakah Sebastian serius tertarik dengan perubahan," tuturnya seperti dikutip F1 Today.

4 dari 7 halaman

4

Fernando Alonso

Satu lagi pebalap kawakan yang dikaitkan dengan Mercedes usai Nico Rosberg mengumumkan pensiun adalah Fernando Alonso. Munculnya nama Alonso juga menjadi kejutan karena pebalap asal Spanyol itu tengah terikat kontrak dengan McLaren.

Bos Mercedes, Toto Wolff, tak membantah timnya juga mempertimbangkan Alonso untuk menjadi pengganti Rosberg. Menurut Wolff, pebalap berusia 35 tahun itu merupakan pebalap hebat.

"Dia kombinasi antara talenta, kecepatan, dan pengalaman. Dia memiliki itu semua," ujar Wolff seperti dikutip Motorsport.

"Namin, dia terikat kontrak dengan McLaren saat ini dan kami perlu mempertimbangkan semua pilihan," tambahnya.

5 dari 7 halaman

5

Felipe Massa

Pebalap Brasil, Felipe Massa, sudah mengumumkan bakal pensiun dari F1 musim depan. Namun, rencana itu bisa saja batal terlaksana.

Massa mengaku tertarik untuk menjadi pengganti Nico Rosberg yang memutuskan pensiun di Mercedes. Dia tak akan menolak jika benar tawaran itu datang kepadanya.

"Saya sangat senang dengan keputusan saya untuk pensiun. Tapi siapa yang tak ingin membalap bersama Mercedes?" tutur Massa seperti dikutip F1 Today.

Meski demikian, Massa tak begitu yakin Mercedes bakal merekrutnya. Dia kemudian berharap tim Panah Perak itu menemukan pebalap yang tepat.

6 dari 7 halaman

6

Jenson Button

Jenson Button sebenarnya sudah mengumumkan bakal istirahat dari F1 setelah musim ini berakhir. Namun, banyak pihak yang menilai pebalap asal Inggris itu tak akan menolak jika mendapat tawaran dari Mercedes untuk menggantikan Nico Rosberg.

Button memang menjadi opsi yang menarik buat Mercedes. Selain tak terikat kontrak dengan tim lain, Button juga memiliki kemampuan dan pengalaman yang mumpuni.

Bergabung dengan Mercedes juga menjadi hal yang menarik buat Button. Ambisinya untuk menjadi juara dunia F1 bisa terwujud jika bergabung dengan tim asal Jerman itu.

Namun, jika Button bergabung, Mercedes bisa saja mendapatkan masalah. Kehadiran Button bisa saja membuat Lewis Hamilton merasa terancam.

7 dari 7 halaman

7

Esteban Ocon

Sama seperti Pascal Wehrlein, Esteban Ocon juga merupakan pebalap jebolan akademi Mercedes. Menjadi opsi yang memungkinkan jika tim Panah Perak itu menunjuk Ocon sebagai suksesor Nico Rosberg.

Yang menjadi masalah Ocon baru saja menandatangani kontrak dengan Force India. Tentu akan sulit untuk pebalap asal Prancis itu bergabung dengan Mercedes.

Namun, seperti diberitakan Autosport, ada celah yang bisa dimanfaatkan Mercedes. Tim yang berbasis di Inggris itu bisa saja merayu Force India dengan iming-iming bakal memasok mesin.

Bukan rahasia lagi jika Mercedes-lah yang membujuk Force India untuk merekrut Ocon. Namun, Ocon mungkin bukan menjadi opsi prioritas buat Meredes.

Video Populer

Foto Populer