Sukses


Cegah Mafia Judi, MotoGP Gandeng Sportradar

Bola.com, Madrid - MotoGP pada Rabu (7/12/2016) mengumumkan telah menggandeng perusahaan penyedia data olahraga dan konten digital Sportradar untuk mencegah sport fixing (pengaturan hasil balapan) di kejuaraan dunia balap motor grand prix.

Seperti dilansir situs resmi MotoGP, tim Integrity Service Sportradar akan memantau langsung seluruh balapan di kelas MotoGP, Moto2, dan Moto3 (54 race) selama tiga musim ke depan mulai 2017. Sportradar bakal memonitor dan menganalisis pergerakan dan pola di bursa taruhan lewat Fraud Detection System untuk mendeteksi potensi terjadinya sport fixing.

Sebagai tambahan, Sportradar juga akan mengadakan lima kali Workshop Pencegahan dan Edukasi serta menyediakan program e-learning buat semua pebalap dan tim di kejuaraan dunia balap motor grand prix.

"Mencegah masalah selalu lebih baik daripada mengobati. Untungnya sport fixing belum pernah terjadi di MotoGP, tapi problem itu telah menimbulkan kekhawatiran besar pada olahraga lain di seluruh dunia. Kami tak mau menunggu masalah itu menghantam balap motor. Lebih baik kami mencegahnya dengan bersikap proaktif dan tegas," kata CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta.

"MotoGP selalu bersikap ingin tahu dan mau berinvestasi soal sport fixing. Mereka ingin memastikan tak ada masalah di olahraga ini. Semoga kami bisa membantu menjaga status MotoGP sebagai ajang balap motor terbaik di dunia," ujar Managing Director Integrity Service Sportradar, Andreas Krannich.

Menurut laporan Asosiasi Keamanan Olahraga Eropa (ESSA) seperti dikutip dari Reuters, dari 37 kasus dugaan sport fixing yang muncul sepanjang 2016, 31 di antaranya terjadi di tenis sedangkan sisanya ada di sepak bola, bola voli pantai, bola voli, dan tenis meja. Tak ada satu pun kasus yang terjadi di motorsport.

Sportradar sudah menjalin kerja sama dengan Federasi Sepak Bola Eropa (UEFA), Rugby Football Union, dan Dewan Kriket Internasional. ESSA dan Sportradar juga berpartner guna memerangi match fixing yang semakin marak di tenis. MotoGP mengklaim jadi ajang motorsport pertama yang menjalin kerja sama dengan Sportradar.

Video Populer

Foto Populer