Sukses


Program Latihan Lee Chong Wei Dirombak demi Perpanjang Karier

Bola.com, Kuala Lumpur - Pelatih bulutangkis tim nasional Malaysia, Hendrawan, menjamin bakal menyusul ulang program latihan Lee Chong Wei. Dia berharap kebijakan tersebut bisa memperpanjang karier Lee Chong Wei, kalau memungkinkan hingga tampil di Olimpiade Tokyo 2020. 

Lee, yang meraih medali perak pada Olimpiade Rio 2016, direcoki masalah cedera dalam beberapa bulan terakhir. Padahal untuk mengantar Lee Chong Wei turun di Olimpiade Rio, Hendrawan harus fokus membuat sang pemain terbebas dari cedera.  

"Tak mudah menjadi pelatih Lee Chong Wei pada titik kehidupannya saat ini. Ada risiko cedera jika saya mendorongnya berlatih terlalu keras, tapi performanya bisa turun jika saya tak memintanya berlatih keras. Kami akan mencari solusinya," kata Hendrawan, seperti dilansir The Star Online, Selasa (20/12/2016). 

"Kami harus menerima kekalahan Lee Chong Wei (di BWF Super Series Finals 2016). Dia tak pada kondisi terbaiknya. Kondisinya tak seperti sebelum Olimpiade Rio dan mudah bagi pemain yang lebih muda untuk mengalahkannya. Kami selalu bisa belajar dari kekalahan ini. Kami harus menemukan keseimbangan dalam berlatih, pemulihan, dan pencegahan cedera," sambung pelatih asal Indonesia tersebut. 

Lee Chong Wei mengalami cedera hamstring saat kalah di babak perempat final Prancis Terbuka Super Series 2016 melawan pemain Prancis, Brice Leverdez. Cedera tersebut membuatnya absen di turnamen Denmark Terbuka, China Terbuka, dan Hong Kong Terbuka. Beruntung, dia bisa pulih tepat waktu untuk tampil di ajang penutup tahun, BWF Super Series Finals 2016. 

Namun, kondisi Lee Chong Wei tampaknya belum pulih benar. Bintang bulutangkis Malaysia tersebut langsung tersingkir pada babak penyisihan grup. Kekalahan dari So Wan-ho dan Viktor Axelsen membuatnya tak bisa berlama-lama bertahan di Dubai. 

Hedrawan memutuskan Lee akan beristirahat sejenak setelah BWF Super Series Finals. Pemain nomor satu dunia tersebut tak akan tampil untuk mempertahankan titel di ajang Malaysia Masters pada Januari 2017. Dia baru dijadwalkan kembali beraksi di All England pada Maret 2017.

"Lee Chong Wei akan bermain di All England pada Maret. Itu membuatnya punya cukup waktu untuk beristirahat. Kejuaraan Dunia menjadi target utamanya tahun depan," ujar Hendrawan.    

 

Video Populer

Foto Populer