Sukses

PON Dinodai Kasus Doping, Menpora Bentuk Dewan Disiplin

Bola.com, Jakarta - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengambil sikap terhadap kasus doping yang menimpa beberapa atlet PON 2016. Salah satu langkah yang diambil Menpora adalah membentuk Dewan Disiplin.

Nantinya Dewan Disiplin akan memantau langsung hasil yang dikeluarkan Badan Anti Doping Dunia (WADA). Jika terbukti positif, maka mereka akan menjatuhkan sanksi berat kepada atlet yang terlibat.

"Saya mendapat laporan bahwa pada PON yang lalu ada sekitar 12 atlet yang mendapatkan medali terindikasi mengunakan doping. Karena itu, kami sudah membentuk dewan disiplin," ujar Imam Nahrawi saat menghadiri pengukuhan pengurus PRSI 2016-2020 di Jakarta, seperti dikutip dari situs resmi Kemenpora, Rabu (11/1/2017).

"Dewan disiplin ini akan melihat secara langsung hasil dari World Anti-Doping (WADA) yang sekaligus melihat apa sanksi yang diberikan pada atlet tersebut. Kalau sudah pasti melakukan doping maka harus diberikan tindakan tegas, setidaknya medalinya harus dicopot," tambahnya.

Selain itu, Menpora juga akan memberikan para atlet untuk melakukan hak jawab atau mengajukan banding atas putusan nanti. Kasus ini akan ditindaklanjuti secara serius dan hati-hati oleh Kemenpora karena menyangkut masa depan atlet.

Menpora juga akan memperkuat kelembagaan Lembaga Anti Doping (LADI). Nantinya, LADI wajib mensosialisasikan obat-obatan yang masuk dalam kategori doping atau mengandung zat yang dilarang penggunaaannya WADA.

 

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer