Sukses

BAM Ancam Tendang Pemain Timnas Malaysia yang Merokok

Bola.com, Kuala Lumpur - Meningkatkan level kebugaran atlet menjadi prioritas Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM) pada 2017. Mulai tahun ini BAM berencana memasukkan tes merokok sebagai salah satu syarat wajib dalam proses seleksi masuk tim nasional.

"Institut Olahraga Nasional (NSI) akan melakukan tes darah terhadap para pebulutangkis. Dari tes itu kami dapat mengetahui apakah si pemain merokok atau tidak," kata Direktur Teknis BAM, Morten Frost, kepada The Star Online, Jumat (13/1/2017).

"Pemain sulit mengelak karena butuh waktu tiga bulan untuk membersihkan darah dari zat kimia berbahaya yang terkandung dalam rokok," ujar pria asal Denmark itu.

Frost mengatakan tiga pemain pertama yang bakal dites adalah Muhd Syazmil Idham dari Selangor, Ng Jia Jun (Johor), dan Amir Syazwan Al Razi Shahriman Bakhtiar (Perlis) pada akhir Maret mendatang.

"Kami ingin menerapkan sebuah sistem sehingga kami bisa fokus dalam menerapkan program peningkatan level kebugaran pemain dan bisa melihat komitmen mereka dalam latihan. Cara terbaik untuk memulainya adalah dengan melakukan tes merokok bagi muka-muka baru yang akan masuk tim nasional," ujar Frost.

Frost menambahkan para pemain senior dan junior yang sudah menjadi anggota tim nasional juga akan menjalani tes merokok. Namun, waktunya dirahasiakan. Tes akan dilakukan secara mendadak pada pertengahan tahun ini.

Frost menegaskan BAM bakal mengambil tindakan tegas bagi pemain tim nasional yang tak lulus tes merokok. Dia mengancam akan menendang mereka dari tim nasional.

"Jika tak lulus tes, mereka akan dikeluarkan dari tim nasional. Mereka harus berhenti merokok jika ingin kembali masuk tim nasional," kata Frost.

Ketika ditanyakan apakah sebelumnya BAM pernah menangkap basah pemain tim nasional yang kedapatan sedang merokok, Frost tak mengelak. "Memang ada, tapi hanya sedikit," katanya.

0 Komentar

Belum ada komentar

    Video Populer

    Foto Populer