Sukses


Pelatih Tak Jamin Greysia dan Nitya Kembali Dipasangkan

Bola.com, Jakarta - Pelatih kepala ganda putri Indonesia, Eng Hian, tak menjamin Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari bakal kembali dipasangkan saat Nitya telah benar-benar pulih dari cedera lutut. Eng Hian mengaku sedang meramu kombinasi-kombinasi baru yang diharapkan bisa menembus jajaran ganda putri elit dunia, atau bahkan melebihi prestasi Greysia/Nitya.

Greysia/Nitya tak lagi berpasangan semenjan Nitya rehat setelah menjalani operasi lutut pada Desember 2016. Setidaknya Nitya bakal absen selama enam bulan. Selama Nitya absen, Greysia dipasangkan dengan Rosyita Eka Putri Sari. 

“Selama ini sektor ganda putri terlalu mengharapkan Greysia/Nitya, regenerasi pelapis bagi saya masih kurang maksimal. Secara target ranking memang sudah bisa, tetapi secara hasil, untuk mendekati Greysia/Nitya masih jauh,” ujar Eng Hian, seperti dilansir situs PBSI, Rabu (18/1/2017). 

“Kalau Greysia/Nitya dipasangkan, saya sudah tahu titik maksimal mereka sampai mana. Kalau ada kombinasi baru, bisa saja di bawah Greysia/Nitya, atau harapan kami lebih daripada Greysia/Nitya. Saya masih belum bisa memastikan apakah Greysia/Nitya akan kembali dipasangkan lagi atau tidak,” ujar peraih medali perunggu ganda putra di Olimpiade Athena 2004 bersama Flandy Limpele ini.

Renerasi pelapis setelah Greysia/Nitya tak berjalan mulus. Hingga kini belum ada ganda putri Indonesia yang berprestasi di level yang setara dengan Greysia/Nitya. 

Eng Hian mengatakan sengaja mempersiapkan enam pasang di sektor utama hingga 2018. Selama masa percobaan dua tahun tersebut, masing-masing pasangan akan dinilai tiap tiga bulan. Jika pasangan tersebut tak berkembang, maka ia tak segan-segan langsung merombak.

Namun, mulai 2018, Eng Hian akan memilih empat pasangan terbaik untuk memperebutkan tiket ke Olimpiade Tokyo 2020.

“Mungkin selama ini anak-anak itu jiwa kompetitifnya masih kurang. Ada yang sudah merasa cukup dengan apa yang didapat sekarang, ada juga yang pasrah,” ucap Eng saat ditanya kendalanya dalam mencari penerus Greysia/Nitya.

Selama empat tahun belakangan, Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari menjadi pasangan ganda putri terkuat Indonesia. Berbagai prestasi kelas dunia sudah berhasil mereka raih, termasuk merebut medali emas di ajang Asian Games 2014. 

Berikut ini daftar tim ganda putri pelatnas 2017:

Pelatnas Utama :

Greysia Polii/Rosyita Eka Putri Sari

Anggia Shitta Awanda/Ni Ketut Mahadewi Istarani

Tiara Rosalia Nuraidah/Rizki Amelia Pradipta

Della Destiara Haris/Apriani Rahayu

Nisak Puji Lestari/Tania Oktaviani Kusumah

Yulfira Barkah/Meirisa Cindy Sahputri

Nitya Krishinda Maheswari 

 

Pelatih : Eng Hian

Asisten : Chafidz Yusuf

 

Pelatnas Pratama :

Phita Haningtyas Mentari/Virni Putri Jafar

Jauza Fadhila Sugiarto/Serena Kani

Vania Arianti Sukoco/Ramadhani Hastiyanti Putri

Siti Fadia Silva Ramadhanti/Agatha Imanuela

Ribka Sugiarto/Febriana Dwipuji Kusuma

 

Pelatih : Rudy Gunawan

Asisten : Anggun Nugroho

Pelatih Fisik : Ari Subarkah

 

 

Video Populer

Foto Populer