Sukses


BWF Ubah Level Turnamen Bulutangkis Internasional

Bola.com, Jakarta - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) bakal mengumumkan susunan level turnamen internasional terbaru untuk periode 2018-2021.

Sebelumnya, BWF menetapkan lima level teratas adalah BWF Tournaments yang terdiri atas olimpiade dan kejuaraan dunia, di level dua ada turnamen super series premier dan super series final, dilanjutkan dengan turnamen super series di level ketiga, serta turnamen grand prix gold dan grand prix masing-masing pada level keempat dan kelima.

Mulai tahun depan, susunan ini akan berubah. Turnamen level super series premier akan turun ke level ketiga. Di level kedua bakal ada satu kategori yang levelnya lebih tinggi daripada super series premier. Meskipun nama level turnamen ini belum diumumkan secara resmi oleh federasi bulutangkis dunia, banyak kalangan bulutangkis menyebutnya dengan turnamen level premier of premier.

Apa saja kriteria penyelenggara turnamen premier of premier? Selain jumlah prize money (hadiah uang) minimum 1 juta dolar Amerika Serikat, pemilihan tuan rumah kejuaraan level super elite ini juga dilihat dari fasilitas dan sarana pertandingan, pelayanan panitia pelaksana kepada negara peserta, pemilihan hotel, dan masih banyak lagi.

“Saat ini masih diadakan bidding, negara mana yang akan berhak menjadi penyelenggara turnamen level kedua ini. Kemungkinan hasil bidding akan diumumkan Maret 2017. Nantinya ada tiga negara yang berhak menjadi penyelenggara turnamen level kedua,” ujar Bambang Roedyanto, Kasubid Hubungan Internasional PP PBSI, seperti dilansir di situs resmi PBSI, Jumat (27/1/2017). 

“Indonesia tentunya juga mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah kejuaraan level kedua ini. Dari segi jumlah prize money, kita sudah memenuhi syarat, bahkan mulai tahun ini turnamen super series premier Indonesia menawarkan hadiah sebesar 1 juta dolar AS,” tambahnya.

“Selain itu, dalam beberapa tahun terakhir, Indonesia Open Super Series Premier juga menjadi salah satu turnamen percontohan bagi negara-negara lain dan kita mendapat pengakuan dari BWF. Indonesia berhasil menggabungkan sport dan entertainment,” sambung Rudy.

Selain dari segi prize money yang lebih tinggi, kejuaraan level kedua ini juga memiliki poin yang lebih tinggi. Tentunya hal ini sangat menarik, terutama bagi pemain-pemain elite. Di level super series premier, pemain dengan peringkat 10 besar dunia wajib untuk hadir. Lalu bagaimana di level premier of premier?

“Kita tunggu saja hasil bidding, nanti akan dijelaskan juga ketentuan turnamennnya, seperti jumlah poin, siapa yang wajib hadir, jadwal pertandingan, dan sebagainya. Yang pasti, persaingan akan lebih ketat di level ini,” jawab Rudy.

Bertambahnya level turnamen papan atas tentunya menjadi tantangan bagi atlet dan pembinaan bulutangkis di tiap negara, termasuk Indonesia. PP PBSI bakal mempersiapkan strategi dan pengaturan pengiriman pemain, bagaimana caranya mereka bisa mengejar poin dan mendongkrak ranking, namun peak performance di tiap turnamen tetap terjaga.

Saat ini saja ada setidaknya pemain-pemain top dalam setahun wajib mengikuti lima turnamen super series premier, super series final serta kejuaraan kontinental seperti kejuaraan Asia, Eropa dan sebagainya.

Belum lagi kejuaraan-kejuaraan yang sudah pasti diincar pemain-pemain elite seperti olimpiade dan kejuaraan dunia. Mereka juga tentunya juga punya kewajiban turun membela negara masing-masing di kejuaraan beregu Piala Sudirman, Piala Thomas serta Piala Uber. Jumlah ini biasanya bertambah jika si pemain sedang diprogramkan mencapai target rangking tertentu, demi tiket olimpiade, misalnya.

Berikut rencana susunan level turnamen bulutangkis internasional periode 2018 – 2021 :

Level 1 : olimpiade, kejuaraan dunia, final super series

Level 2 : nama kejuaraan masih dalam proses penetapan – tiga negara penyelenggara (hadiah uang minimal satu 1 dolar AS)

Level 3 : super series premier – lima negara penyelenggara (hadiah uang minimal 700 ribu dolar AS)

Level 4 : super series – tujuh negara penyelenggara (hadiah uang minimal 250 ribu dolar AS)

Level 5 : grand prix gold (hadiah uang minimal 150 ribu dolar AS)

 

Video Populer

Foto Populer